Berita

Wow, Remaja 14 Tahun Ini Mencalonkan Diri Menjadi Gubernur di Amerika Serikat

Remaja 14 Calonkan Diri sebagai Gubernur di Amerika Serikat
Ethan Sonneborn (Foto: digital.vpr.net)
69views

Remaja asal Amerika Serikat ini berbeda dengan remaja lainnya. Ketika remaja lainnya sibuk dengan urusan pendidikan dan mengikuti berbagai kegiatan kreatif, remaja ini justru sudah mulai berbicara tentang politik. Ia bahkan terjun ke dalam dunia yang disebut banyak orang dunia abu-abu itu.

Nama remaja berusia 14 tahun itu adalah Ethan Sonneborn. Ia menjadi buah bibir dalam beberapa pekan terakhir karena mengajukan diri sebagai calon gubernur Vermont. Dalam pemilihan gubernur itu, ia bertarung dengan sejumlah calon yang sudah makan asam garam dalam dunia politik.

Rupanya Sonneborn memanfaatkan aturan unik yang berlaku di Vermont. Salah satu negara bagian di kawasan New England, Amerika Serikat, itu memberikan kesempatan kepada semua warganya untuk menjadi gubernur. Tidak ada batasan usia. Syaratnya hanya satu: sudah tinggal di Vermont selama setidaknya 4 tahun terakhir.

Remaja 14 Calonkan Diri sebagai Gubernur di Amerika Serikat
Ethan sedang menjelaskan visi dan misinya (Foto: Twitter/@RealESonneborn)

Sonneborn sendiri merasa memenuhi syarat itu. Ia sudah tinggal di Vermont sejak lahir. Dan ia merasa bahwa ia punya gagasan penting untuk membuat Vermont menjadi lebih baik.

“Saya pikir, warga Vermonters seharusnya menganggap serius pencalonan diri saya karena saya mempunyai gagasan progresif,” katanya seperti dilansir globalnews.com.

Ia maju dalam bursa pemilihan gubernur ini sebagai kandidat dari Partai Demokrat. Dalam situsnya, remaja yang belum lulus sekolah menengah ini disebut sebagai pejuang untuk keluarga kelas menengah dan kelas pekerja. Ia juga diklaim memiliki “gagasan-gagasan tepat” tentang reformasi pelayanan kesehatan dan pembangunan ekonomi dan pendidikan.

“Saya pikir saya kandidat yang paling mewakili perubahan yang kita perlukan. Saya mengalami frustrasi politik nasional dan memutuskan untuk beraksi di tingkat lokal dan negara bagian,” katanya.

Remaja 14 Calonkan Diri sebagai Gubernur di Amerika Serikat
Ethan (paling kanan) bersama para kandidat lainnya (Foto: The Bennington Banner)

Ada tiga rival utama Sonneborn dalam pencalonan ini. Yang pertama adalah Christine Hallquist. Dia adalah calon transgender pertama yang maju dalam bursa pemilihan gubernur. Yang kedua adalah James Ehlers. Dia adalah veteran Angkatan Laut dan pencinta lingkungan. Yang ketiga adalah Brenda Siegel yang adalah seorang direktur eksekutif sebuah festival tari di Vermont.

Banyak orang yang memuji langkah Sonneborn. Mereka menganggapnya remaja yang melek politik. Namun, tidak sedikit juga yang tidak setuju. Mereka meminta anggota parlemen Vermont untuk mengamandemen aturan tentang pencalonan.

“Saya pikir kita seharusnya memikirkan itu jika harus jujur. Saya pikir Anda paling tidak seharusnya bisa mendapatkan surat izin mengemudi saat Anda menjadi Gubernur,” kata Phil Scott, Gubernur Vermont saat ini.