fbpx
Tips

Begini, Lho, Cara untuk Hidup Hemat

Tips cara mengatur keuangan
Ilustrasi (Foto: google)
238views

Berita terkini Jelujur.com – Siapa bilang bahwa hidup hemat itu susah? Bahwa hidup hemat itu tidak mungkin karena kebutuhan hidup terus meningkat? Jika kamu punya semangat dan komitmen, kamu bisa melakukannya.

Tidak ada cara lain untuk bisa hidup hemat selain kemauan kuat untuk menahan diri. Kamu harus bisa “memaksakan diri” untuk hidup hemat. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Susun anggaran belanja
Tips cara mengatur keuanganBagaimana kamu bisa menekan pengeluaran bulananmu? Susunlah daftar anggaran belanja. Apa yang kamu butuhkan? Berapa harga masing-masing kebutuhan itu? Daftar anggaran dan jenis kebutuhan itu akan membantu kamu untuk memperkirakan pengeluaran sekaligus sisa uang yang masih bisa kamu pegang. Berusahalah konsisten pada daftar yang sudah kamu susun itu. Jika tidak, pengeluaranmu akan tetap membengkak. Apalagi ketika kamu sudah mulai “lapar mata” di pusat perbelanjaan atau di toko.

Potong pengeluaran

Tips cara mengatur keuangan
Ilustrasi (Foto: marketingdonut.co.uk)

Cukupkanlah dirimu dengan kebutuhan yang ada jika ternyata jumlah pemasukanmu lebih kecil daripada pengeluaranmu. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menekan pengeluaran pos-pos yang tak terlalu penting. Misalnya, kamu bisa menekan keinginan untuk jajan. Atau kamu bisa menekan hasratmu untuk selalu pergi ke pusat-pusat keramaian atau pusat perbelanjaan.

Menabung

Tips cara mengatur keuangan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Setelah menerima gaji, jangan langsung berbelanja. Simpan atau tabung dulu sebagian. Lalu cukupkan diri dengan sisa gaji itu. Bila perlu, berjanjilah untuk tidak menghabiskan sisa gaji itu. Jika ternyata kamu bisa melakukannya bulan ini, lanjutkan itu pada bulan berikutnya. Jika setiap bulan kamu menabung, sekurang-kurangnya Rp200 ribu, kamu akan punya tabungan yang besar selama setahun nanti.

Baca :   Cara Mengatasi Trauma pada Anak Korban Gempa dan Tsunami

Tekan pengeluaran pos penting

Tips cara mengatur keuangan
Ilustrasi (Foto: google)

Kamu harus ingat bahwa pengeluaran besar itu bisa terjadi pada pos-pos yang penting seperti biaya rekening listrik, air, telepon, dan biaya transportasi (termasuk bahan bakar kendaraan). Apa yang mesti kamu lakukan? Jika ternyata tagihan rekening listrik membengkak dari bulan ke bulan, kamu mesti bisa menekannya. Misalnya, kamu mengurangi waktu menonton TV, mendengar musik atau bermain game. Jika biaya transportasi atau bensin besar, kamu bisa memangkasnya dengan cara, antara lain, mengurangi waktu jalan-jalan atau hang out.

Jangan tergoda pada diskon

Tips cara mengatur keuangan
Ilustrasi (Foto: Studio Matthews)

Tahukah kamu bahwa ada banyak cara yang dilakukan oleh penjual atau merchant untuk menggoda kamu. Salah satunya adalah dengan memberikan potongan harga. Di sini, kamu harus bisa menahan diri. Jangan membeli sesuatu hanya karena harganya dikurangi. Apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan? Jika tidak, jangan beli barang itu betapa pun besar diskonnya.

Apa tujuanmu?

Tips cara mengatur keuangan
Ilustrasi (Foto: google)

Apa tujuan hidupmu? Apa yang ingin kamu raih? Jika kamu ingin menjadi orang kaya, maka kamu harus menabung. Kamu tidak akan menjadi orang kaya kalau kamu boros. Jika kamu ingin menjadi orang yang sukses, investasikan uangmu. Ada banyak jenis pilihan investasi. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan rencana dan dana yang kamu miliki.