fbpx
Olahraga

Tinggal Selangkah Lagi dan Indonesia Masuk Piala Dunia

Selangkah lagi Indonesia ke Piala Dunia
Timnas Indonesia U-16 (Foto: Dok. PSSI)
91views
Waktu baca : 2 menit

Garuda Muda, demikian julukan untuk timnas Indonesia U-16, lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-16 2018. Hasil imbang tanpa gol kontra timnas India U-16 dalam laga terakhir penyisihan grup C di Stadion Bukit Jalil, Kamis (27/9) malam, sudah cukup membawa anak-anak asuhan Fakhri Husaini untuk melangkah lebih jauh dalam turnamen bergengsi negara-negara Asia ini. Mereka keluar sebagai juara grup dengan 5 poin.

Yang menemani Indonesia ke babak perempatfinal adalah timnas India U-16. Sebenarnya nilai Indonesia dan India sama. Namun, Indonesia unggul dalam selisih gol. Sementara Iran dan Vietnam tersingkir.

Selangkah lagi Indonesia ke Piala Dunia
Pada laga pertama, Garuda Muda bungkam Iran 2-0 (Foto: Istimewa)

Selama turnamen ini, India hanya mencetak 1 gol, yaitu ketika melawan Vietnam. Dua pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang tanpa gol, yaitu ketika melawan Iran dan Indonesia. Sementara pasukan Garuda Muda mencetak 3 gol dan kebobolan 1 gol. David Maulana dan teman-temannya mengalahkan Iran dengan skor 2-0. Satu lagi gol dicetak ketika bermain imbang 1-1 melawan Vietnam.

Dengan koleksi 5 poin, Indonesia dan India berhak melaju ke babak 8 besar. Sebagai runner-up, India akan menghadapi Korea Selatan yang keluar sebagai juara grup D. Sementara Indonesia akan menghadapi pemenang Australia.

Selangkah lagi Indonesia ke Piala Dunia
Garuda Muda bermain imbang 1-1 melawan Vietnam (Foto: AFC)

Lolosnya Garuda Muda ke babak perempatfinal disambut dengan antusias oleh seluruh masyarakat Indonesia. Mengapa? Karena Mochmmad Supriadi dan teman-temannya hanya perlu memenangi 1 laga lagi untuk bisa berlaga dalam Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Peru tahun depan.

“Syukur, alhamdulilah, kami lolos ke babak berikutnya. Pada awal turnamen, saya bilang bahwa kami cuma butuh 360 menit untuk lolos ke Piala Dunia. Sebanyak 270 menit bisa dilalui dengan baik,” kata sang pelatih, Fakhri, usai laga kontra India seperti dilansir detikSport.

Selangkah lagi Indonesia ke Piala Dunia
Hasil imbang melawan India sudan cukup mengantarkan Garuda Muda ke babak perempatfinal (Foto: AFC)

Jika akhirnya Garuda Muda bisa lolos ke Piala Dunia U-17, maka hal ini akan menjadi catatan sejarah baru untuk Indonesia. Sejak Piala Dunia U-20 1979 yang digelar di Tokyo, Jepang, itu, Indonesia belum pernah mengirim satu pun tim ke Piala Dunia, dari kelompok usia manapun. Oleh karena itulah, keberhasilan anak-anak asuhan Fakhri Husaini melangkah ke babak 8 besar Piala Asia U-16 disambut dengan antusiasme yang besar.