Olahraga

Timnas U-16 Disiapkan untuk Olimpiade 2024

Timnas U-16 dipersiapkan untuk Olimpiade 2024
Eforia para penggawa Timnas Indonesia U-16 setelah mengalahkan Thailand (Foto: Jawa Pos)
120views
Waktu baca : 2 menit

Sebuah prestasi baru saja ditorehkan Timnas U-16 Indonesia. Anak-anak asuhan Fakhri Husaini itu menjuarai Piala AFF U-16 2018 setelah menang adu penalti melawan Timnas U-16 Thailand pada babak final. Trofi itu menjadi kado indah untuk Indonesia menjelang Hari Kemerdekaan ini.

“Kami bersyukur timnas U-16 Indonesia bisa juara, tapi perjalanan masih panjang,” kata Danurwindo, Direktur Teknik PSSI, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8) malam, seperti dilansir bola.net.

Timnas U-16 dipersiapkan untuk Olimpiade 2024
Fajar Fathur Rahman merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Thailand (Foto: Tribunnews.com)

Selama ajang ini berlangsung, anak-anak Indonesia ini menampilkan permainan terbaik. Mulai dari babak penyisihan grup hingga partai final. Hebatnya adalah tim yang dikapteni David Maulana ini tidak sekali pun menelan kekalahan.

“Ini adalah bagian sepak bola Indonesia untuk maju ke depan. Salah satunya timnas U-16 Indonesia karena mereka bagus,” sambung lelaki kelahiran Jawa Tengah ini.

PSSI tidak akan berhenti menggembleng tim ini. Mereka akan berusaha mengikutsertakan tim ini dalam berbagai kompetisi sebagai bagian dari penggemblengan.

“Dan pada umur 19 akan terus semakin bagus kalau dipersiapkan dengan baik. Mereka juga harus ikut kompetisi lagi,” katanya.

Timnas U-16 dipersiapkan untuk Olimpiade 2024
Para pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan kemenangan atas Thailand (Foto: Tribunnews.com)

Dengan pola pembimbingan dan pembinaan yang teratur, bukan tidak mungkin bahwa tim ini akan menjadi sebuah tim yang hebat pada masa depan. Bahkan menurut mantan pelatih Persebaya Surabaya ini, David Maulana dan teman-temannya bisa diproyeksikan untuk menjadi andalan tim Merah Putih pada Olimpiade 2024. Termasuk bisa diandalkan jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

“Pemain-pemain ini, kita punya target, untuk olimpiade nanti tahun 2024. Karena pemain dan tim ini untuk jangka panjang,” katanya.