fbpx
Teknologi

Satelit Nusantara Satu: Upaya untuk Memperkuat Posisi Indonesia dalam Persaingan Digital

Indonesia luncurkan Satelit Nusantara Satu
Satelit Nusantara Satu (Foto: PSN)
269views

Satelit Nusantara Satu sudah diluncurkan oleh PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan telekomunikasi berbasis satelit, ke orbitnya. Satelit broadband pertama di Indonesia dengan teknologi High Throuhput Satellite (HTS) ini diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, dengan roket Falcon 9 dari Space-X menuju slot orbit 146 derajat Bujur Timur, tepat di atas Papua, Indonesia.

“Kehadiran Satelit Nusantara Satu merupakan pencapaian besar PSN untuk memperkuat posisi Indonesia dalam kancah dunia digital,” kata Direktur Jaringan PT PSN, Heru Dwikantono, Jumat (22/2).

Peluncuran satelit dengan investasi awal hingga US$250 juta ini menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia dalam industri telekomunikasi. Satelit ini digunakan untuk menyebarluaskan internet ke berbagai desa di Indonesia. Juga untuk memperkuat layanan ritel PSN melalui produk Ubiqu dan Sinyalku.

Baca :   Inilah Cara Paling Mudah untuk Melindungi Akun WhatsApp-mu
Indonesia luncurkan Satelit Nusantara Satu
Satelit Nusantara Satu (Foto: PSN)

Ubiqu adalah produk utama PSN untuk melayani kebutuhan internet di Indonesia. Heru berharap agar pada akhir 2019, terdapat 10 ribu desa telah terkoneksi Ubiqu dan pada 2020—2021 terdapat 25 ribu desa telah terkoneksi.

“Kami memiliki Ubiqu dan Sinyalku dengan cakupan mulai dari ujung barat Sumatera hingga ujung timur Papua, dari ujung utara Sulawesi hingga ujung selatan Nusa Tenggara,” ujarnya.