fbpx
Teknologi

Indonesia Sudah Luncurkan Satelit Nusantara Satu

Indonesia luncurkan Satelit Nusantara Satu
Satelit Nusantara Satu (Foto: PSN)
134views

Kamis (21) malam waktu Amerika Serikat atau Jumat (22/2) pagi waktu Indonesia. Satelit Nusantara Satu sudah diluncurkan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan telekomunikasi berbasis satelit, ke orbit Bumi dengan roket milik SpaceX. Satelit ini akan memberikan layanan internet di seluruh kawasan Indonesia.

“Kita bersyukur Nusantara Satu telah berhasil meluncur di California,” kata Direktur Utama PSN, Adi Rahman Adiwoso, dalam video streaming peluncuran Satelit Nusantara Satu, Jumat (22/2) lalu.

Satelit Nusantara Satu, kata Johanes Indri, Space System Group Head PSN, akan mengangkasa selama dua minggu untuk menuju geo station orbit pada slot orbit 146° Bujur Timur dan akan bergerak bersamaan dengan rotasi bumi. Satelit Nusantara Satu ini akan dikendalikan dari Stasiun Bumi Jatiluhur dan Cikarang dan diharapkan mampu menopang industri nasional dan konektivitas nasional. Satelit Nunsatara Satu akan beroperasi hingga 15 tahun mendatang.

Baca :   Kamu Harus Tahu: Akun WhatsApp-mu Sangat Mudah Diretas!
Indonesia luncurkan Satelit Nusantara Satu
Peluncuran Satelit Nusantara Satu (Foto: Istimewa)

Menurut Abdul Muhaimin, Engineer PSN, Satelit Nusantara Satu merupakan broadband pertama Indonesia yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS). Nusantara Satu juga memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band serta 8 spot beam Ku-band dengan total kapasitas bandwidth mencapai 10,5 Gbps, dengan area cakupan ke seluruh wilayah Indonesia.

“Jika dibandingkan dengan satelit konvensional, tiga atau empat kali lipat lebih banyak kapasitasnya,” katanya.