fbpx
Teknologi

Cina dan Rusia Ciptakan Bulan Buatan untuk Terangi Bumi

Cina dan Rusia Ciptakan Bulan Buatan
Ilustrasi (Foto: skydivecity.com)
164views
Waktu baca : 2 menit

Terbang dan menginjakkan kaki di Bulan masih menjadi program utama para ilmuwan dan ahli teknologi. Namun, Cina dan Rusia membuat langkah baru. Mereka berencana menciptakan bulan buatan untuk membantu menerangi Bumi sekaligus sebagai pangkalan bulan.

Seperti dilansir People’s Daily, Wu Chunfeng, Ketua Institut Teknologi Sains dan Teknologi Sistem Mikroelektronika Chengdu (CASC), mengatakan bahwa Cina akan meluncurkan satelit penerangan dalam dua tahun ke depan.

“Satelit itu akan menggunakan lapisan reflektif yang bisa mengarahkan cahaya untuk menerangi area di bumi hingga 50 mil persegi,” katanya seperti dilaporkan CIFNews.

Cina dan Rusia Ciptakan Bulan Buatan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Satelit bulan tiruan akan menerangi area dengan diameter hingga 80 km dan menghasilkan 8 kali lebih banyak cahaya daripada satelit alami Bumi. Proyek CASC akan digunakan untuk menerangi jalan-jalan kota Chengdu.

“Bulan buatan, yang telah menjalani pengujian selama beberapa tahun, akan menghasilkan setidaknya 8 kali lebih banyak cahaya daripada bulan asli,” sambungnya.

Cina dan Rusia Ciptakan Bulan Buatan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Bulan buatan ini, seperti dilansir The Independent, akan memiliki lapisan yang dapat memantulkan cahaya dari matahari dengan sayap panel surya. Sudut-sudut sayap ini dapat disesuaikan untuk memungkinkan cahaya agar fokus pada lokasi yang tepat.

Pejabat kota Chengdu mengatakan bahwa mereka berharap dapat menghemat uang untuk penerangan jalan. Bulan buatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan industry pariwisata. Namun, detail dari pesawat ruang angkasa, tanggal peluncuran, dan bagaimana bulan tiruan akan dioperasikan tidak diungkapkan.

Facebook Comments