Kecantikan & Kesehatan

Tahukah Kamu 5 Kebiasaan Baik Ini Baik untuk Jantung?

Kebiasaan yang menyehatkan jantung
Ilustrasi (Foto: iStock)
58views

Berita terkini Jelujur.com – Hingga saat ini, penyakit jantung masih tercatat sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Data menunjukkan hal itu. Pada tahun 2005 lalu, misalnya, WHO (World Health Organization) mencatat bahwa 17,1 juta orang meninggal dunia karena serangan jantung.

Di negara-negara berkembang, serangan jantung adalah penyebab kematian tertinggi ketiga setelah AIDS. Sementara di negara maju seperti Amerika Serikat, serangan jantung dianggap sebagai penyakit paling berbahaya ketimbang kanker. Lebih dari 13 juta jiwa meninggal dunia karena serangan jantung koroner.

Kebiasaan yang menyehatkan jantung
Ilustrasi serangan jantung (Foto: Istimewa)

Di Indonesia, berdasarkan data yang dirilis oleh Federasi Jantung Dunia di Asia Tenggara, sekitar 0,5% warga terindikasi menderita penyakit jantung. Itu berarti bahwa 1,25 juta jiwa dari 259 juta jiwa menderita penyakiti jantung. Dan tingkat kematiannya mencapai 45%.

Apa yang harus dilakukan agar kamu terhindar dari penyakit yang merupakan pembunuh nomor satu ini? Menurut dr. Isman Firdaus, SpJP, ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita, menjaga pola makan sehat adalah salah satu cara yang efektif. Dengan menghindari makanan tinggi lemak, risiko penyakit jantung bisa menurun.

“Makanan terbaik untuk sarapan adalah makanan yang mengandung tinggi serat dan ikan,” katanya seperti dilansir detikHealth.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan baik yang tanpa disadari bisa membuat jantung sehat:

Sarapan

Kebiasaan yang menyehatkan jantung
Ilustrasi (Foto: YouTube)

Apa hubungan antara sarapan dengan kesehatan jantung? Sarapan yang sehat akan membuat orang tidak makan berlebihan saat makan siang dan malam, sehingga terhindari dari kegemukan. Harus diketahui bahwa risiko penyakit jantung umumnya meningkat pada kondisi berat badan berlebihan.

Menu makanan yang bagus untuk jantung adalah 5 porsi buah dan sayur dalam sehari. Jadi, ada menu sayur saat sarapan, ada buah sebelum makan siang, ada sayur saat makan siang, sebelum sore ada buah, dan ada sayur saat makan malam.

Makan ikan

Kebiasaan yang menyehatkan jantung
(Foto: Istimewa)

Ikan mengandung lemak tidak jenuh dan omega-3 cukup tinggi. Kedua kandungan ini sangat penting untuk jantung, yaitu mencegah radang dan risiko pembekuan darah. Keduanya juga efektif menurunkan kadar trigliserida dan menekan risiko aterosklerosis. Disarankan untuk makan ikan 2—3 kali dalam seminggu. Ikan salmon, sarden, tuna, makarel dan lain-lain mengangund omega-3 dalam jumlah yang banyak.

Makan Semangka

Kebiasaan yang menyehatkan jantung
(Foto: Getfitso)

Semangka 90 persen mengandung air. Sisanya adalah serat dan vitamin. Tidak ada kolesterol dan lemak. Jadi, buah ini sangat baik untuk jantung.

Berjalan kaki

Kebiasaan yang menyehatkan jantung
(Foto: Entertainmesh)

Berjalan kaki, jika dilakukan selama 30 menit dengan kecepatan 4—6  km/jam, dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan memperlancar aliran darah. Sebaiknya dilakukan minimal 3 kali seminggu. Jalan cepat (jogging) secara rutin dapat menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskular dan menekan faktor-faktor risiko kardiovaskular lainnya seperti mengendalikan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan.

Sering tertawa

Kebiasaan yang menyehatkan jantung
(Foto: Istimewa)

Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat menyehatkan jantung. Ketika seseorang tertawa, produksi oksigen di dalam peredaran darahnya akan meningkat. Pada saat yang sama, hormon endorfin, yang membentuk reaksi dalam menangkal stress dan pikiran negatif, dilepaskan.