Kecantikan & Kesehatan

Stroberi Bisa Turunkan Berat Badan? Kenapa Tidak?

Stroberi bisa menurunkan berat badan
Stroberi (Foto: iStock)
69views

Sudah banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui kandungan dan manfaat stroberi terhadap kesehatan manusia. Dari berbagai penelitian itu, para ilmuwan sepakat bahwa stroberi punya banyak manfaat. Selain memutihkan gigi, buah ini juga dapat menyembuhkan iritasi pada kulit dan memperbaiki masalah kesehatan.

Kandungan nutrisinya tidak sedikit. Senyawa antioksidannya tinggi. Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah peradangan, kanker, dan masalah jantung. Kandungan vitamin C-nya juga banyak. Demikian juga vitamin K, serat, folat, magnesium, dan kalium.

Dilansir laman food.ndtv.com, menurut buku Healing Food yang diterbitkan oleh DK, stroberi dapat menyehatkan jantung dan organ pencernaan. Dan yang tidak kalah penting adalah buah ini mengandung nutrisi yang mendukung penurunan berat badan. Dengan demikian, buah ini sangat tepat dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Berikut beberapa alasannya:

Kandungan serat yang tinggi

Stroberi bisa menurunkan berat badan
(Foto: iStock)

Stroberi adalah salah satu buah dengan kandungan serat yang banyak. Serat ini dapat memperlancar sistem pencernaan. Serat ini juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan demikian, setelah makan buah ini, orang tidak tergoda untuk makan banyak makanan berat.

Rendah kalori

Stroberi bisa menurunkan berat badan
(Foto: iStock)

Buah ini sangat tepat kamu konsumsi jika kamu ingin menurunkan berat badan. Mengapa? Karena 100 g stroberi setara dengan 33 kalori. Bukankan ketika kamu menjalani diet kamu harus menghemat kalori?

Memperlancar sistem pencernaan

Stroberi bisa menurunkan berat badan
(Foto: iStock)

Kamu ingin menurunkan berat badan? Perhatikan sistem pencernaanmu! Jika sistem pencernaanmu lancar, berat badanmu bisa dengan mudah turun. Jika tidak, tubuh tidak dapat menyerap dan mengasimilasi nutrisi dengan benar. Selain itu, limbah yang menumpuk di dalam tubuh dapat memperlambat proses metabolisme, sehingga kalori sulit dibakar dengan sempurna.

Kaya asam ellagic

Stroberi bisa menurunkan berat badan
(Foto: rareseeds.com)

Dalam stroberi terkandung juga asam ellagic. Asam ini bisa membantu melawan peradangan dan mengembalikan fungsi normal hormon penurunan berat badan yang kerap diblokir karena peradangan kronis. Asam ellagic merupakan turunan dimerix dari asam galat.

Meningkatkan antosianin

Stroberi bisa menurunkan berat badan
(Foto: Istimewa)

Kamu harus tahu bahwa stroberi kaya akan antosianin. Senyawa ini berperan dalam meningkatkan proses metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Antosianin adalah pigmen yang larut dalam air yang berguna untuk kesehatan.