Kecantikan & Kesehatan

Siapa Bilang Uban Selalu Berhubungan dengan Usia?

Mengapa uban muncul pada anak muda?
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
31views

Pada umumnya, uban muncul pada orang yang berusia lebih dari 40- tahun. Ada yang bahkan muncul pada orang berusia 30-an tahun. Namun, tidak jarang juga uban muncul pada anak yang berusia 20-an tahun.

Mengapa bisa timbul uban pada anak muda? Menurut Anabel Kingsley, seorang trikologis dari Philip Kingsley Trichological Clinic, uban muncul ketika tubuh berhenti memproduksi sel-sel pigmen yang disebut melanin. Jika diperhatikan baik-baik, warna uban kuning alami.

Mengapa uban muncul pada anak muda?
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

“Sebenarnya rambutnya bukan beruban. Itu hanya tidak berpigmen atau tidak berwarna,” katanya seperti dilansir Cosmopolitan.

Salah satu faktor yang menyebabkan hilangnya melanin adalah keadaan stres dan masalah emosional lainnya. Penyebab lainnya adalah gen yang diwarisi seseorang dari orang tuanya. Jika orang tuanya mempunyai uban ketika masih muda, maka kemungkinan besar dia mengalami hal yang sama.

Mengapa uban muncul pada anak muda?
Daging mengandung vitamin B (Fot:; Istimewa)

Faktor penyebab lainnya adalah kurangnya nutrisi. Harus diketahui bahwa salah satu nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh sehat dan kuat adalah vitamin B. Dengan demikian, kekurangan vitamin ini langsung berpengaruh pada rambut. Salah satunya adalah mempercepat munculnya uban.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah uban ini secara alami adalah dengan mengonsumi makanan yang mengandung vitamin B. Sebut saja daging, ikan, buah-buahan dan sayur serta produk susu dan turunannya.