Hiburan

Serial Harry Potter: Tokoh Nagini Diambil dari Mitologi Indonesia

Tokoh Nagini dalam Serial Harry Potter dari Indonesia
Claudia Kim berperan sebagai Nagini (Foto: Twitter)
107views
Waktu baca : 2 menit

Para penggemar Harry Potter sedang bersiap menyambut hadirnya spin-off dari serial Harry Potter berjudul Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. Selasa (25/9) lalu, Warner Bros Pictures sudah merilis trailer dari film yang disutradarai oleh David Yates itu. Dan trailer itu disambut dengan antusiasme yang besar.

Kali ini, Joanne Kathleen Rowling, sang penulis novel Harry Potter, memasukkan sebuah karakter baru. Karakter itu adalah makhluk setengah ular bernama Nagini. Makhluk itu merupakan ular betina besar yang mendampingi musuh utama Harry Potter, Lord Voldemort.

Tokoh Nagini dalam Serial Harry Potter dari Indonesia
(Foto: Istiemwa)

Dalam film ini, Nagini diperankan oleh Claudia Kim, seorang aktris dari Korea. Dalam universe Harry Potter, Nagini digambarkan sebagai Maledictus (orang dengan darah kutukan) yang kemudian terjebak dalam wujud ular. Saat berwujud ular, dia bertemu dengan Voldemort yang sedang berada dalam pengasingan di Albania.

Ada yang merasa bahwa Claudia bukanlah orang yang tepat untuk memerankan karakter Nagini. Namun, menurut Rowling, Claudia sudah tepat untuk memerankan karakter itu. Mengapa? Karena latar belakang karakter itu memang dari Asia.

Tokoh Nagini dalam Serial Harry Potter dari Indonesia
(Foto: Twitter)

“Naga adalah makhluk mitologis mirip ular dalam mitologi Indonesia yang bernama ‘Nagini’. Mereka biasanya digambarkan memiliki sayap dan terkadang berwujud setengah manusia, setengah ular,” tulis JK Rowling.

Dalam mitologi Indonesia memang terdapat tokoh ratu ular bernama Naga Gini. Dalam buku Sejarah Wayang Purwa (1982), Dewi Naga Gini diceritakan sebagai putri Dewa Ular bernama Hyang Antaboga dan Dewi Supreti dari Kahyangan Saptapratala. Dia berwujud setengah manusia dan setengah ular. Dan dia adalah istri Bima alias Werkudara. Putranya bernama Arya Anantareja.