Gaya Hidup

Riset Menunjukkan bahwa Laki-Laki Botak Lebih Seksi

Riset menunjukkan bahwa laki-laki botak lebih seksi
Vin Diesel, salah satu aktor besar Hollywood (Foto: Istimewa)
120views

Banyak laki-laki tidak ingin punya kepala botak. Tidak mempunyai sehelai rambut pun di atas kepala dianggap sebagai hal yang aneh. Kebotakan lebih sering dianggap sebagai wujud kelemahan. Bahwa menjadi botak berarti sudah menjadi tua. Bukankah semakin tua, orang semakin lemah?

Sebagian yang lain justru melihat sebaliknya. Menjadi botak itu seksi. Lihatlah Vin Diesel, Jason Statham, dan The Rock. Para bintang Hollywood itu digilai karena kebotakan mereka. Perhatikan juga Deddy Corbuzier. Tidak terdengar suara sumbang bahwa tampangnya jelek hanya karena tidak ada sehelai rambut pun di atas kepalanya.

Riset menunjukkan bahwa laki-laki botak lebih seksi
The Rock (Foto: Getty Images)

Pada umumnya, laki-laki yang botak lebih percaya diri. Mereka lebih berani menunjukkan diri. Lebih pandai juga mengkomunikasikan diri. Jika tidak demikian, bagaimana bisa Jason Statham menjadi bintang terkenal di Hollywood sana?

Mengapa lelaki botak lebih percaya diri dan dominan? Sebuah riset dari University of Pennsylvania, demikian yang dilansir dari Men’s Health, menunjukkan bahwa lelaki yang botak punya pesona yang kuat. Para ilmuwan dari lembaga pendidikan itu melakukan penelitian dengan cara meminta tiga kelompok peserta menilai foto pria tertentu. Kategorinya adalah daya tarik, kepercayaan diri, dan dominasi.

Hasilnya? Lelaki botak mendapatkan nilai tertinggi untuk semua kategori itu. Berdasarkan hasil penelitian itu, Albert. E Mannes, pemimpin riset, menyarankan lelaki botak untuk tidak malu mengekspresikan diri mereka.

Riset menunjukkan bahwa laki-laki botak lebih seksi
Deddy Corbuzier (Foto: Istimewa)

Memilih untuk menjadi botak, menurut riset itu, adalah salah satu bentuk perilaku nonverbal. Dengan cara seperti itu, mereka hendak menunjukkan bahwa mereka adalah pribadi yang sulit diamati. Mereka tidak mudah dibaca dan diprediksi. Lebih misterius. Dan hal inilah yang membuat mereka menjadi begitu menarik di mata orang lain.

Riset juga menunjukkan bahwa lelaki botak lebih beruntung dalam dunia bisnis. Mereka akan lebih mudah dan lancar dalam proses negosiasi. Mengapa? Karena mereka percaya diri.