Ilmu Pengetahuan

Remaja 17 Tahun Ini Akan Menjadi Orang Pertama yang Tinggal di Planet Mars

Alyssa Carson (Foto: Istimewa)
109views
Waktu baca : 3 menit

Masih ingat kisah tentang Mark Watney, diperankan oleh Matt Damon, dalam film The Martian? Dia harus melakukan berbagai hal untuk bertahan hidup di Planet Mars. Antara lain dengan menanam kentang. Dan kentang itu hidup.

Memang itu hanyalah film. Namun, bukanlah rahasia bahwa para ilmuwan sudah melakukan banyak penelitian tentang planet itu. Dan dari penelitian itu mereka mengambil kesimpulan bahwa ada tanda-tanda kehidupan di planet itu. Bukannya tidak mungkin bahwa pada suatu saat nanti manusia bisa tinggal di planet itu.

Film ini rupanya sangat menarik perhatian seorang gadis cantik dari Louisiana, Amerika Serikat. Namanya Alyssa Carson. Film itu semakin menguatkan keinginannya untuk terbang ke Mars dan tinggal di situ.

The Martian benar-benar sangat akurat. Banyak hal yang terjadi di film juga sangat mirip dengan apa yang benar-benar terjadi,” kata remaja berusia 17 tahun itu seperti dilansir Teen Vogue.

Orang pertama yang tinggal di Planet Mars
(Foto: Bored Panda)

Saat ini, ia tengah digembleng NASA. Rencananya, jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana, maka NASA akan mengirimkannya ke Mars pada tahun 2033 mendatang. Ia akan menjadi orang pertama yang tinggal di planet itu.

“Tantangan terbesar adalah soal waktu karena untuk menyelesaikan semua pelatihan pada usia muda serta harus menghadiri sekolah. Melanjutkan pelatihan pada usia muda juga akan menjadi kesulitan tersendiri bagiku, tapi aku telah menyelesaikannya dengan baik sejauh ini,” ungkapnya seperti dilansir Bored Panda.

Di Mars nanti, ia akan melakukan apa yang dilakukan Mark Watney dalam film yang disutradarai Ridley Scott itu. Selama 2—3 tahun nanti, ia akan menjelajahi Mars, mencoba menanam bahan makanan, melakukan eksperimen, dan mencari tanda-tanda kehidupan di planet itu. Ia akan menggunakan semua yang ia pelajari selama ini untuk bertahan hidup.

Orang pertama yang tinggal di Planet Mars
(Foto: Bored Panda)

Alyssa memang sudah sejak kecil tertarik pada planet itu. Tepatnya ketika ia berusia 3 tahun. Ketika itu, ia menonton film kartun berjudul The Backyardigans. Dalam salah satu episode diceritakan bahwa salah satu tokoh sedang menjalani misi terbang ke Mars.

“Kupikir Planet Merah ini sangat keren. Aku pun mulai menonton video rover yang mendarat di mars. Aku bahkan memiliki peta Mars yang sangat besar di kamarku dan bahkan telah membuat teleskop sehingga bisa melihat ruang angkasa,” imbuhnya.

Ketertarikan itu membuatnya belajar apa pun tentang Mars. Saat ini, ia tercatat sebagai orang pertama yang telah menyelesaikan NASA Passport Program dengan mengunjung 4 NASA Visitor Centers. Ia  juga menjadi orang termuda yang diterima dan lulus dari Advanced Possum Academy, yang secara resmi membuatnya menjadi peserta trainee untuk menjadi astronaut.

Orang pertama yang tinggal di Planet Mars
(Foto: Bored Panda)

Sambil mengikuti pelatihan menjadi astronaut, ia juga mempelajari semua mata pelajaran di sekolahnya dengan menggunakan 4 bahasa, yaitu Inggris, Mandarin, Prancis, dan Spanyol.

“Selalu ikuti impianmu dan jangan pernah biarkan siapa pun mengambilnya darimu,” katanya.