Makanan

Rahasia Umur Panjang Ada di Sini

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
Ilustrasi (Foto: google)
42views

Berita terkini Jelujur.com – Bukan rahasia lagi bahwa lamanya masa hidup sangat tergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah pola hidup. Jika pola hidup baik dan sehat, masa hidup bisa lebih lama. Jika tidak, akan muncul banyak masalah kesehatan yang berujung fatal.

Salah satu bagian dari pola hidup sehat adalah pola makan yang teratur. Hal ini berhubungan dengan waktu makan dan apa saja yang dimakan msi. Keduanya adalah satu paket. Keduanya sangat mempengaruhi seluruh proses metabolisme dan regenerasi sel-sel dalam tubuh. Jika yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung nutrisi penting untuk proses regenerasi sel, maka sel-sel tubuh akan selalu baru.

Dari sejumlah penelitian akhirnya diketahui bahwa ada begitu banyak jenis makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang bisa melawan penuaan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Sayuran

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
Brokoli (Foto: National Geographic Indonesia)

Sayur-mayur seperti brokoli, pok coy, dan kol merah dapat membantu menghindari kanker. Brokoli, misalnya. Sayuran ini mengandung banyak vitamin, antara lain, vitamin A, B6, C, D, E, dan K. Manfaat vitamin C adalah melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi, melawan keriput, dan membantu memperbaiki tekstur kulit.

Air putih

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
(Foto: google)

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri atas air. Jadi, jangan malas minum air putih. Dianjurkan untuk minum sekitar 7 liter air setiap hari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan banyak masalah serius, antara lain, pembekuan darah, hipertensi, meningkatnya kolesterol, dan terganggunya kinerja ginjal.

Berries

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
Stroberi (Foto: google)

Salah satu senyawa penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan kuat adalah antioksidan. Senyawa ini dapat membantu mencegah penyakit dan berbagai kerusakan sel. Senyawa ini, dalam jumlah yang banyak, terdapat dalam buah-buahan dari keluarga berries seperti stroberi, blueberry, dan raspberry.

Tomat

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
Jus tomat (Foto: google)

Tomat mengandung zat bernama likopen, salah satu satu jenis antioksidan yang sangat berguna dalam memerangi kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa likopen ini dapat mengatasi dan mencegah kanker prostat, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi, mencegah serangan jantung, dan mencegah stroke. Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia memperkuat klaim ini. Risiko orang menderita stroke bisa turun hingga 65% jika setiap hari orang itu mengonsumsi banyak tomat.

Sayuran hijau

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
(Foto: google)

Dalam sayuran hijau terkandung betakaroten, alfakaroten, dan lutein yang terbungkus dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil). Kamu harus tahu bahwa jika dalam tubuh terdapat benih kanker, benih itu akan memilih sel lemah untuk dilumpuhkan. Dengan makan banyak sayuran hijau, klorofil akan melindungi sel lemah dari serangan benih kanker itu. Sayuran hijau juga dapat mencegah berbagai penyakit akibat adanya gangguan pada pembuluh darah seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung koroner, dan katarak.

Kopi

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
(Foto: google)

Penyakit hati berada pada peringkat ke-12 sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti selalu minum alkohol. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Hepatology menunjukkan bahwa kopi dapat mencegah fibrosis hati, yaitu tahap awal penyakit hati yang disebut sirosis. Selain itu, kopi juga dapat menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson.

Teh hijau

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
(Foto: google)

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, yaitu katekin. Senyawa ini melawan radikal bebas di dalam tubuh yang merusak dan bahkan membunuh sel-sel tubuh, sehingga menyebabkan penuaan dini, kanker, dan penyakit-penyakit lainnya. Katekin yang terkandung di dalamnya jauh lebih kuat daripada vitamin C dan E daam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh.

Makanan kaya probiotik

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
Yoghurt (Foto: newhope.com)

Probiotik adalah bakteri baik. Bakteri ini berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan usus. Probiotik dapat ditemukan dalam yogurt, kimchi, atau kefir.

Ikan

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
Ikan Salmon (Foto: google)

Apakah makan ikan bisa memperpanjang usia? Ya. Centenarians (orang yang berusia 100 tahun atau lebih) adalah buktinya. Penelitian menunjukkan bahwa centenarians jarang makan daging. Mereka lebih banyak makan ikan. Setidaknya 2 atau 3 porsi ikan setiap pekan. Ikan salmon, teri, atau kembung diketahui mengandung lemak omega 3 dalam jumlah yang banyak.

Kacang-kacangan

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
Kacang-kacangan (Foto: google)

Kacang-kacangan mengandung banyak protein nabati, serat, dan nutrisi penting lainnya. Hazelnut, misalnya. Kacang jenis ini kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial yang sangat berguna dalam menjaga sel-sel lemak di bawah kulit, sehingga dapat mencegah keriput dan memicu pertumbuhan sel kulit baru. Sementara kandungan kacang pistachio dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.

Gandum

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
(Foto: google)

Gandum mengandung banyak serat. Serat inilah yang dapat menjaga kesehatan usus dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker. Selain serat, gandum juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin B, antioksidan, dan beberapa mineral seperti magnesium, zinc, dan zat besi.

Anggur merah

Makanan dan minuman yang bikin umur panjang
(Foto: google)

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam anggur merah dapat mencegah beberapa penyakit, antara lain, penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang rutin minum anggur merah terbebas dari infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini dapat menyebabkan gastritis, ulkus di lambung, dan kanker perut.