Kecantikan & Kesehatan

Pingsan Saat Berkendara, Al Ghazali Diduga Mengidap Sindrom Stevens-Johnson

Al Ghazali mengidap Sindrom Stevens-Johnson
Al Ghazali (Foto: Istimewa)
54views
Waktu baca : 2 menit

Al Ghazali, putra sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty, dikabarkan pingsan di dalam mobil ketika sedang berkendara di kawasan Condet, Jakarta Timur, Selasa (18/9) lalu. Mobil yang sedang dikendarainya langsung berhenti. Al kemudian dibawa warga ke teras salah satu bank. Setelah siuman, ia kembali masuk mobil. Kali ini, temannyalah yang mengemudikan mobil.

Pada awalnya, orang menduga bahwa Al terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Namun, pihak kepolisian menegaskan bahwa tidak ada kecelakaan yang terjadi. Al pingsan dan ditolong warga hingga akhirnya siuman.

Al Ghazali mengidap Sindrom Stevens-Johnson
Al Ghazali pingsan dan ditolong warga (Foto: Istimewa)

“Ya, sebenernya dia pergi dalam kondisi tidak sehat. Dia lagi sakit. Sakitnya itu alergi obat. Saya selalu bilang sama Al untuk fokus sama penyakit itu karena penyakit itu, kalau tidak diperhatikan, bisa menjurus kepada yang namanya Stevens-Johnson Syndrome,” kata Ahmad Dhani seperti dilansir detikHot.

Apa itu Sindrom Stevens-Johnson? Seperti dikutip dari Mayo Clinic, Stevens Johnson Syndrome merupakan gangguan langka yang menyerang kulit dan membran mukosa. Gejala gangguan ini mirip flu. Pada kulit akan muncul ruam merah atau keunguan, melepuh, dan menyebar. Lapisan paling atas dari kulit yang terdampak akan mati, mengelupas, lalu sembuh dengan sendirinya.

Al Ghazali mengidap Sindrom Stevens-Johnson
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Gangguan serius dan langka yang menyerang kulit, selaput lendir, dan mata ini disebabkan oleh alergi obat. Ada beberapa jenis obat yang bisa memicu gangguan yang dinamai dengan nama dua dokter anak dari Amerika, Albert Mason Stevens dan Frank Chambliss Johnson, ini. Beberapa jenis obat yang bisa disebut, antara lain, adalah obat antiasam urat seperti allopurinol, obat-obatan antikejang dan antipsikosis, dan obat pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibuprofen.