Olahraga

Patrice Evra: Demi Piala Dunia 2022, Pergilah ke Juventus, Ronaldo!

Ronaldo bergabung dengan Juventus
Cristiano Ronaldo (Foto: The Independent)
148views
Waktu baca : 2 menit

Banyak orang yang menyayangkan sikap Ronaldo. Salah satunya adalah Lothar Matthaeus, legenda sepak bola Jerman. Menurutnya, bergabung dengan Juventus adalah sebuah kemunduran dalam karier Ronaldo.  Pasalnya, Liga Italia belum banyak berkembang setelah redup karena sejumlah skandal dalam beberapa tahun lalu.

Pihak lain justru melihat sebaliknya. Bergabung dengan Juventus adalah salah satu langkah penting Ronaldo untuk meningkatkan skill-nya. Di Italia, Ronaldo akan menghadapi kultur sepak bola yang baru karena Liga Italia memang sangat berbeda dengan liga lain.

Mantan rekan setimnya di Manchester United, Patrice Evra, memintanya untuk tidak banyak berpikir. Lebih baik dia segera terbang ke Italia.

“Semua orang bertanya kepada saya, ‘Pat, bagaimana menurutmu?’ Saya belum berbicara pada Cristiano tentang hal ini, tapi saran saya adalah jika ia ingin bermain hingga 2050, ia harus pergi ke Juve. Tak ada tim lain. Sederhana,” ungkapnya melalui akun Instagram-nya.

Ronaldo bergabung dengan Juventus
(Foto: Istimewa)

Ia memberikan saran demikian karena ia mengalami sendiri bagaiman Juventus membuatnya berkembang setelah ia meninggalkan Manchester United pada 2014 silam. Berkat polesan Juventus, pemain berusia 37 tahun itu tetap bermain pada level tertingginya.

“Saya berterima kasih pada Juve karena jika setelah Manchester United saya terus menang dan melaju, itu karena Juve. Anda seharusnya tak pernah muntah ke piring yang memberi Anda makan. Jadi, Juve akan selalu ada di hati saya,” ungkapnya.

Berangkat dari pengalamannya itu, ia yakin bahwa Ronaldo akan semakin berkembang di tanah Italia. Dengan terus menampilkan permainan pada level tertinggi, Ronaldo bisa tampil hebat pada Piala Dunia 2022 mendatang.

“Jadi, Cristiano, saya beri tahu: buatlah keputusan yang tepat. Kamu tahu betapa cintanya orang Italia padamu, tapi itulah pengorbanan. Jika kamu pergi ke Juve, itu adalah untuk bekerja dan bekerja keras. Jika kamu pergi ke Juve, kamu akan ada di Piala Dunia selanjutnya bukan sebagai maskot, tapi sebagai tokoh utama,” katanya.