fbpx
Olahraga

Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2018

Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2018
Marc Marquez (Foto: Istimewa)
208views

Sirkuit Motegi, Jepang, menjadi tempat Marc Marquez mengunci gelar Juara Dunia MotoGP 2018. Ia mengunci gelar itu setelah memenangi pertarungan sengit dengan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, Minggu (21/10) siang. Dengan 3 balapan tersisa, perolehan poinnya tidak bisa lagi dikejar oleh Dovizioso yang pada balapan itu tergelincir menjelang lap terakhir.

Marquez dan timnya menyambut balapan ini dengan optimisme besar. Mereka yakin bahwa gelar juara bisa segera dikunci di Sirkuit Motegi sekalipun Marquez memulai balapan dari posisi ke-6. Penantang utamanya, Dovizioso berada pada posisi terdepan setelah meraih pole position pada kualifikasi.

Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2018
Marc Marquez mengunci gelar juara setelah Andrea Dovizioso tergelincir (Foto: Istimewa)

Segera setelah balapan dimulai, Marquez langsung melesat ke posisi kedua. Ia membayangi Dovizioso dalam sebagian besar balapan. Posisinya sempat diambil alih oleh Carl Crutchlow. Namun, ia berhasil merebutnya kembali dan mengancam Dovizioso.

Pada putaran keempat terakhir, Marquez berhasil menyalip Dovizioso. Keduanya bertarung hingga dua putaran terakhir sebelum Dovizioso jatuh. Dengan jatuhnya Dovizioso, Marquez resmi menjadi juara dunia. Ia mengantongi 296 poin. Unggul 102 poin dari Dovizoso. Dengan tiga balapan tersisa, perolehan poinnya tidak akan bisa terkejar lagi.

Baca :   Dua Gol Ronaldo Akhiri Perlawanan Eibar
Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2018
Marc Marquez dan timnya (Foto: Reuters)

Titel ini adalah titel juara dunia MotoGP ke-5 untuk Marquez. Sebelumnya ia menjadi juara pada tahun 2013, 2014, 2016, dan 2017. Dengan titel ini, ia telah menyamai pencapaian Mick Doohan. Ia naik ke peringkat ketiga dalam daftar pemegang titel juara kelas primer terbanyak. Ia berada di belakang Valentino Rossi (7) dan Giacomo Agostini (8).