fbpx
Olahraga

Butet, Terima Kasih atas Prestasimu untuk Indonesia

Prestasi Liliyana Natsir
Liliana Natsir dan Tontowi Ahmad mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dari panggung Olimpiade 2016 (Foto: Istimewa)
58views
Waktu baca : 2 menit

Setelah ajang Indonesia Master 2019 ini, pencinta bulu tangkis di tanah air tidak akan lagi melihat kelincahan Liliyana Natsir di atas lapangan bulu tangkis. Setelah Minggu (27/1) ini, masyarakat Indonesia tidak akan lagi melihat teriakan dan ledakan semangat Liliyana dalam berbagai kejuaraan dunia. Hari ini adalah hari terakhir ia mengayunkan raketnya di atas lapangan untuk Indonesia.

Selama 24 tahun, sudah begitu banyak prestasi yang ia torehkan. Gelar demi gelar bergengsi dari berbagi kejuaraan dunia ia persembahkan untuk Indonesia.

Prestasi Liliyana Natsir
Medali emas dari kejuaraan dunia 2017 (Foto: Istimewa)

Butet, demikian panggilan akrabnya, mengawali langkahnya dalam dunia tepok bulu dengan bergabung dengan PB Pisok, Manado. Ia lalu meninggalkan zona nyaman untuk pindah ke Jakarta. Ia bahkan sampai harus meninggalkan bangku kuliah demi memenuhi cita-citanya menjadi seorang pebulu tangkis dunia.

Prestasi Liliyana Natsir
Gelar-demi gelar ia persembahkan untuk Indonesia (Foto: Istimewa)

Tidak sia-sia perjuangan dan pengorbanannya. Prestasi demi prestasi ia ukir. Ia mengoleksi 4 gelar juara dunia, 3 predikat jawara All England, 23 gelar juara dari 42 final BWF Super Series di nomor ganda campuran dan ganda putri (bersama Nova, Owi, dan Vita Marissa), 10 titel grand prix dan grand prix gold dari 14 final (bersama Nova, Owi, dan Devin Lahardi, dan Vita), dan 5 gelar juara IBF (federasi bulu tangkis dunia sebelum bernama BWF) World Grand Prix bersama Nova.

Prestasi Liliyana Natsir
Info Grafis (Foto: detikSport)

Itu belum termasuk gelar dari kejuaraan multievent  seperti olimpiade, Asian Games, dan SEA Games. Dari ajang olimpiade, Butet mempersembahkan 1 medali emas dan 1 medali perak. Dari Asian Games, Butet memberikan Indonesia 1 perak dan 1 perunggu. Dari ajang World Cup, ia meraih 1 emas dan 1 perak. Dari kejuaraan Asia, ia mengumpulkan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Dan dari SEA Games, ia mengoleksi 5 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Facebook Comments