Wednesday, June 20, 2018
Jalan-Jalan

Mudik Melalui Jalur Pansela? Singgahlah di 8 Pantai Cantik Ini!

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
11views

Salah satu rute alternatif yang dipilih sebagian besar pemudik tujuan Jawa Timur adalah Jalur Pantai Selatan. Jalur ini melewati beberapa provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Total panjang rute ini adalah 1.495 km.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mempromosikan jalur ini, termasuk beberapa tempat wisata yang berada di sepanjang jalur ini. Kurang lebih ada 56 pantai dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang jalur ini. Termasuk di antaranya 8 pantai cantik di bawah ini yang bisa kamu singgahi untuk melepaskan lelah sejenak selama mudik.

Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: JejakPiknik.com)

Jika kamu melewati Sukabumi, tepatnya melewati Jalan Surade, singgahlah sejenak di Pantai Ujung Genteng. Rasakan sensasi pasir putihnya yang lembut. Di pantai ini pun kamu bisa melihat penangkaran penyu.

Pantai Apra, Cianjur

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: Instagram/@andriww_04)

Pantai ini terletak di Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan. Kurang lebih 300 m dari alun-alun Sindang Barang. Pantai ini terkenal dengan pasir hitamnya. Tidak ada salahnya kamu berhenti sejenak di pantai ini untuk beristirahat dan merenggangkan otot-ototmu.

Pantai Rancabuaya, Garut

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: Instagram/@garut_turunankidul)

Sampai di Garut, kamu bisa singgah sebentar di pantai yang penuh dengan karang-karang besar. Pantai Rancabuaya. Pantai ini terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin.

Turunlah dari kendaraanmu dan nikmatilah barang sejenang pemandangan indah ketika ikan kecil tersapu ombak besar dari sela-sela karang. Nikmatilah juga air terjun yang menghadap lautan lepas.

Selain Pantai Rancabuaya, Garut juga punya beberapa pantai indah lainnya yang bisa kamu singgahi untuk melepaskan penat barang sejenak. Ada Pantai Guha di ruas Jalan Rancabuaya, Pantai Sayang Heulang di ruas Jalan Cialutereun, dan Pantai Santolo di ruas Jalan Sp Cialutereun.

Pantai Madasari, Pangandaran

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: Instagram/@pupunk_bebas_santay)

Ini adalah salah satu pantai indah di Pangandaran. Pemandangan alamnya tidak jauh berbeda dengan Tanah Lot di Pulau Bali. Selain batu besar yang menjorok ke tengah laut, pantai ini pun dikelilingi 6 pulau kecil yang eksotis.

Pantai Teluk Penyu, Cilacap

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: jalanwisata.id)

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan pantai ini jika kamu melewati Cilacap. Pantai ini terletak sekitar 2 km dari pusat Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Nikmati kesibukan nelayan dengan perahu-perahu mereka.

Pantai Ngrenehan, Yogyakarta

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: Instagram/@maleostory)

Tahukah kamu bahwa Yogyakarta adalah kawasan dengan jumlah pantai paling banyak, yakni 36 pantai? Salah satu pantai yang pantas kamu singgahi ketika kamu mudik lewat jalur Pansela adalah Pantai Ngrenehan di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Pasir di pantai ini sangat lembut.

Pantai Klayar, Pacitan

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: Piknikasik)

Ketika melewati Kabupaten Pacitan, mampirlah sebentar ke Pantai Klayar. Pantai yang terletak di Desa Kalak, Kecamatan Danurejo, ini terkenal dengan bongkahan karangnya. Semburan air setinggi 8—10 m dari sela karang adalah salah satu daya tariknya.

Pantai Kedung Tumpang, Tulugangung

8 Pantai Cantik di Jalur Pantai Selatan
(Foto: Instagram/@saiful_aim)

Inilah salah satu pesona Jawa Timur. Pantai Kedung Tumpang yang terletak di Dusun Pucunglaban, Tulungagung, ini menawarkan sensasi yang berbeda. Kamu tidak ubahnya berenang di kolam alami.