fbpx
Tips

Mudik Bersama Anak? Lakukan Ini Agar Anak Senang

Tips mudik nyaman bersama anak
Ilustrasi (Foto: Telegraph)
78views
Waktu baca : 3 menit

Berita terkini Jelujur.com – Harus diakui bahwa mudik sudah menjadi sebuah tradisi menarik masyarakat Indonesia. Beberapa hari menjelang Lebaran, banyak orang yang kembali ke kampung halaman untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Bahkan ada yang mudik beberapa saat setelah menunaikan salat Idulfitri di kota.

Perjalanan mudik bisa menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan jika kamu sudah melakukan persiapan matang. Mulai dari apa saja yang dibawa, kondisi kendaraan, hingga stamina atau kesehatan. Jika tidak, mudik bisa menjadi perjalanan yang tidak menyenangkan. Bahkan tidak sedikit yang berakhir tragis.

Khusus untuk kamu yang mudik bersama anak, mudik bisa menjadi momen yang menyenangkan jika kamu tahu bagaimana membuat anak menikmati perjalanan itu. Apa saja yang harus kamu lakukan? Berikut beberapa tips praktis untukmu:

Bagaimana kondisi kendaraan?

Tips mudik nyaman bersama anak
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kalau perjalanan lancar, anak pasti senang. Jika tidak, mereka akan rewel di jalan. Oleh karena itu, supaya perjalananmu lancar, pastikan kondisi fisik dan mesin kendaraan dalam keadaan baik. Lakukan servis rutin sebelum mudik. Dan siapkan peralatan atau sparepart yang bisa kamu bawa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan seperti ban bocor, mogok, dan lain-lain.

Kapan mudik?

Tips mudik nyaman bersama anak
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Kapan sebaiknya kamu mudik? Siang harikah? Ataukah malam hari? Jika kamu mudik bersama anak, lebih baik berangkat pada siang hari, tepatnya pada jam-jam ketika si kecil biasanya beristirahat. Mudik pada siang hari bisa membuat kamu meminimalisir risiko atau kemungkinan terburuk yang bisa terjadi ketimbang kamu mudik pada malam hari.

Bagaimana makanan dan keperluan anak?

Tips mudik nyaman bersama anak
(Foto: Shutterstock)

Sudahkah kamu menyiapkan makanan dan semua keperluan anak? Sudahkah kamu menyiapkan peralatan mandi, selimut, popok, baju ganti, mainan, hingga obat-obatan untuk anak? Jika sudah, masukkan ke dalam sebuah tas khusus dan tempatkan di bagian yang mudah dijangkau. Jika perlu, kamu bisa membawa car seat agar si kecil lebih nyaman berada di mobil. Lengkapi dengan bantal dan selimut hangat. Jangan lupa membawa banyak camilan yang praktis, tapi menyehatkan seperti buah, sereal, atau biskuit kesukaan anak. Siapkan juga susu dan air putih untuk mencegah anak mengalami dehidrasi selama mudik.

Mainan favorit anak?

Tips mudik nyaman bersama anak
Ilustrasi (Foto: Legal Beagle)

Perjalanan yang panjang bisa sangat melelahkan anak. Bisa membuat anak stress. Bagaimana membuat anak tetap bisa menikmati perjalanan itu? Siapkan mainan favorit anak dan biarkan anak bermain selama berada dalam perjalanan. Jika perlu, ikutlah bermain bersama anak agar dia bertambah gembira. Pilihan lainnya adalah putarlah lagu kesukaan anak dan ajaklah dia bernyanyi. Bisa juga kamu memutarkan video kesukaannya.

Bagaimana jika si kecil rewel?

Tips mudik nyaman bersama anak
(Foto: Mommyish)

Kamu harus tahu bahwa anak mudah sekali merasa bosan. Kalau sudah bosan, biasanya mereka rewel. Ketika mereka rewel, kamu tidak boleh panik, kesal, dan marah. Sebaiknya cari tahu apa yang membuat anak rewel dan menangis. Jika dia rewel karena lapar, berikan dia makanan kesukaannya. Jika dia rewel karena mengantuk, buatlah sesuatu agar dia tidur. Jika dia rewel karena bosan, ciptakan permainan baru. Jika ternyata dia masih saja rewel, maka segera pinggirkan kendaraan di rest area atau tempat pengisian bahan bakar dan ajaklah dia bermain-main atau berjalan-jalan sejenak. Baru setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan.