fbpx
Olahraga

Mengungkap Kisah di Balik Fenomenalnya Jersey Timnas Nigeria

Jersey Nigeria yang fenomenal
Timnas Nigeria (Foto: dailypost.ng)
192views
Waktu baca : 3 menit

Berita terkini Jelujur.com – Dari semua kontestan Piala Dunia 2018 di Rusia ini, Nigeria adalah kontestan dengan jersey paling menarik. Dianggap paling unik dan fashionable. Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan Sky Sports.

Apa yang menarik dari jersey tim dengan julukan Super Eagles itu? Apa yang membuatnya menjadi begitu fenomenal dalam ajang paling akbar dalam dunia sepak bola sejagat ini? Apa lagi kalau bukan karena desainnya. Perpaduan pola garis dan warna hijau limau, putih, dan hitam itu benar-benar menarik.

Para dedengkot dunia mode menyebut jersey itu sebagai produk mode paling menggoda tahun ini. Hal itu bisa dilihat dari tingginya animo masyarakat untuk membeli jersey itu sejak dirilis pada 1 Juni lalu. Mau tahu berapa jumlahnya? Tiga juta potong hanya dalam beberapa menit setelah dirilis secara resmi.

Jersey Nigeria yang fenomenal
(Foto: Istimewa)

Melihat begitu indahnya rancangan itu, banyak orang berpikir bahwa jersey yang fenomenal itu adalah jersey dengan proses penciptaan paling sulit. Ternyata tidak. Pete Hoppins, Direktur Desain Nike FC, melalui laman the Fader, mengatakan bahwa jersey itu diciptakan melalui sebuah proses yang sangat mudah.

“Tidak sulit. Justru paling mudah. Dan semua orang yang terlibat bersenang-senang saat mengerjakannya,” katanya.

Untuk membuat jersey itu, pihak Nike bekerja sama dengan para pemain dan federasi sepak bola Nigeria. Menurut Matt Wolff, salah satu desainer kostum ini, yang menjadi sumber inspirasi adalah jersey klasik Nigeria pada tahun 1994. Kostum itu terkenal dengan ikon sayap elangnya.

Jersey Nigeria yang fenomenal
Orang mengantre untuk membeli jersey timnas Nigeria (Foto: Footballlive)

Dari inspirasi itu, Nike melakukan berbagai eksperimen untuk melahirkan desain yang tepat. Dan mereka melakukannya dengan lebih leluasa karena tidak ada pakem khusus. Hal ini sangat berbeda dengan jersey timnas lainnya. Sebut saja Brasil atau Inggris. Brasil dengan warna dan Inggris dengan Inggris dengan warna putih sebagai pakemnya.

Tidak hanya karena tidak adanya pakem khusus yang membuat tim desainer sedikit lebih leluasa dalam merancang desain kostum ini, tetapi juga karena Nigeria tidak dianggap sebagai tim unggulan dalam ajang prestisius ini. Tidak seperti Brasil, Jerman, Spanyol, dan Argentina yang jauh-jauh hari digadang sebagai calon kuat pemenang, Nigeria hanya dianggap sebagai “tim peserta”. Tidak lebih.

Sebenarnya tim desainer menyiapkan dua desain jersey tim ini. Yang pertama adalah yang lebih enerjik dan mewakili semangat para pemain muda Nigeria. Sementara yang kedua adalah desain yang lebih tradisional. Jika desain pertama tidak disetujui, Nike masih punya desain kedua yang lebih tradisional itu.

Jersey Nigeria yang fenomenal
Anak muda bergaya dengan jersey timnas Nigeria (Foto: Istimewa)

Ternyata anak-anak muda lebih suka desain pertama; desain yang lebih dinamis itu. Baru beberapa menit dirilis, jersey itu sudah dibeli 3 juta potong.

“Saya pikir karena ada momentum yang tepat. Mungkin saja penggemar sepak bola generasi yang lebih tua tidak melirik jersey ini karena lebih menyukai desain konvensional. Tapi tidak bagi anak-anak muda. Hasilnya amat hebat. Banyak orang kemudian menjadi pendukung Nigeria,” katanya.