Teknologi

Masyarakat Vietnam Antusias Menyambut Go-Jek

masyarakat Vietnam antusias menyambut Go-Jek
Go-Viet (Foto: www.genk.vn)
78views
Waktu baca : 2 menit

Go-Jek giat berekspansi. Setelah menguasai pasar ojek daring di tanah air, startup karya anak bangsa ini mulai melihat pasar Asia Tenggara. Vietnam, Thailand, Singapura, dan Filipina dijajal. Untuk melebarkan sayap bisnisnya di empat negara itu, Go-Jek berinvestasi sekitar US$500 juta.

Setelah beberapa waktu melakukan uji coba, Rabu (1/8) ini, Go-Jek mulai beroperasi di Vietnam. Di negara berjulukan Vietnam Rose itu, nama aplikasi transportasi daringnya adalah Go-Viet. Dan aplikasi itu sudah bisa diunduh melalui App Store dan Google Play.

masyarakat Vietnam antusias menyambut Go-Jek
Aplikasi Go-Viet (Foto: tangkapan layar)

“Go-Viet akan live pada 1 Agustus di Apple App Store dan Google Play. Kami berekspansi ke 12 distrik dan ini akan menjadi operasi pertama Go-Jek di luar Indonesia,” tulis pihak Go-Jek melalui akun Twitter resmi, @gojektech.

Perlu diketahui bahwa Go-Viet sebenarnya sudah berjalan sejak Juli lalu. Namun, ketika itu, aplikasi itu masih berada dalam tahap beta (tahap percobaan), sehingga tidak banyak masyarakat yang menggunakannya. Baru ketika aplikasi ini dirilis secara resmi melalui App Store dan Google Play, seluruh masyarakat Vietnam bisa menggunakannya.

masyarakat Vietnam antusias menyambut Go-Jek
Go-Viet menjadi pressing kuat Grab di Vietnam (Foto: www.genk.vn)

Tidak hanya di Vietnam, Go-Jek juga merambah Thailand. Di Negeri Gajah Putih itu, Go-Jek menggunakan nama “Get”. Dan Get akan beroperasi secara lokal. Mengapa bersifat lokal? Menurut Nadiem Makarim, pendiri dan CEO Go-Jek, orang-orang lokal tentu lebih memahami kondisi pasar.

“Kami percaya bahwa masing-masing tim lokal memiliki pengetahuan dan keahlian untuk memastikan kesuksesan bisnis di Vietnam dan Thailand,” katanya seperti dilansir kompas.com.

masyarakat Vietnam antusias menyambut Go-Jek
Selain Go-Bike, ada juga layanan Go-Send, Go-Food, dan Go-Pay (Foto: Twitter/@gojektech)

Sebagai langkah awal, Go-Viet dan Get akan menghadirkan layanan transportasi online dan logistik. Dalam perjalanannya nanti, Go-Viet dan Get juga akan mengakomodir fitur pesan-antar makanan dan pembayaran elektronik. Persis seperti yang dilakukan di Indonesia.

Masyarakat Vietnam menyambut baik kehadiran Go-Viet. Semakin banyak masyarakat yang memilih jenis transportasi daring ini ketika hendak beraktivitas. Termasuk juga memanfaatkan layanan lain seperti Go-Send dan Go-Food.