fbpx
Makanan

Serunya Mencicipi Masakan Jepang Autentik Osaka Pertama di Indonesia

Foto: Instagram @shabujin.id
115views

Tren makanan Jepang saat ini kian diganderungi. Banyaknya gerai yang menyajikan menu ala Jepang seakan menjadi bukti. Selain sehat dan lezat, keunikan dalam penyajian pada masakan Jepang menjadi daya tarik tersendiri. Menu yakiniku dan shabu-shabu termasuk yang banyak digemari.

Salah satu kedai santapan Jepang yang terasa autentik adalah Shabu Jin. Konsep Shabu Jin sebenarnya hampir sama dengan restoran Jepang lainnya, yaitu mengusung all you can eat. Namun, satu ciri khas yang membedakannya adalah autentik dari Osaka.

Foto: Instagram @shabujin.id

Osaka merupakan kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo. Kota ini dipenuhi lokasi-lokasi wisata, sehingga menjadi destinasi langganan wisatawan asing saat ke Jepang. Banyak makanan lezat di kota ini. Salah satunya yang terbuat dari tepung semisal Okonomiyaki dan Takoyaki.

Pencinta kuliner Jepang pasti tahu nikmatnya shabu-shabu Osaka. Karena itu, hadirnya Shabu Jin di Indonesia menjadi pelengkap rasa masakan Jepang yang sudah ada. Salah satu pemilik Shabu Jin Jakarta, Adrian Widharjo mengatakan bahwa Shabu Jin merupakan masakan Jepang yang memiliki rasa autentik khas Osaka.

Foto: Instagram @shabujin.id

Resto ini pertama kali masuk ke Indonesia dengan membawa berbagai jenis kuliner termasuk jajanan khas Osaka. “Di Osaka sendiri kami sudah memiliki 10 outlet. Tapi, di sana hanya menyediakan shabu. Untuk hidangan Yakiniku dihadirkan di Indonesia karena menyesuaikan lidah orang Indonesia,” kata Adrian di Restoran Shabu Jin Lippo Mall Puri.

Shabu Jin menyediakan daging berkualitas dengan pilihan daging-daging terbaik. Mereka menggunakan daging sapi yang diimpor dari Australia dan Amerika Serikat. “Dagingnya kami impor dari Amerika Serikat dan Australia. Tapi, ke depannya kami juga berencana untuk impor dari Jepang,” terang Adrian.

Foto: shabunjin.co.id

Berbagai daging tersebut, sambung Adrian, bisa diolah menjadi shabu-shabu maupun yakiniku. Menyantap lezatnya daging-daging pilihan terasa lebih lengkap dengan empat kuah nikmat yang telah disediakan. Konbu chicken (kaldu ayam), collagen, miso, dan sukiyaki. Pengunjung bebas berkreasi menciptakan sambal sesuai selera dengan banyak pilihan bahan. Kualitas rasa dan daging benar-benar lebih dari kata sebanding.

Baca :   Jangan Simpan Kentang di Dalam Kulkas! Berbahaya!

Untuk pilihan shabu-shabu lainnya yang bisa disantap yaitu berbagai macam sayuran seperti selada, jamur, daun bawang, serta isian seperti aneka jenis bakso, sosis, dan udon. Belum lagi hidangan pendamping lainnya yang bisa bebas dipilih dalam batasan waktu yang telah ditentukan.

Foto: Instagram @shabujin.id

Hidangan penutup seperti es krim dan puding juga turut disajikan. Daya tarik Shabu Jin lainnya adalah pengunjung bisa mencicipi jajanan pasar khas Osaka seperti yakiudon, yakisoba, ikayaki, okonomiyaki, dan takkoyaki.

“Takkoyaki khas Osaka berbeda dengan takkoyaki yang banyak dijual di resto-resto lain. Khas Osaka memiliki rasa cruncy di luar dan fluffy di dalam. Untuk okonomiyakinya pun juga berbeda. Kami menambahkan mi soba di dalam balutan telur,” kata Adrian.

Foto: Instagram @shabujin.id

Semua street food tersebut sudah termasuk ke dalam paket buffet yang dipesan.  Ada berbagai pilihan paket menu yang ditawarkan Shabu Jin. Paket reguler buffet, Rp180.0000, premium buffet Rp300.000, dan wagyu buffet Rp450.000.

Shabu Jin memiliki total 19 meja dan bisa menampung 70-80 pengunjung. Masing-masing pengunjung disediakan steamboat pot (panci untuk masak shabu-shabu) pada setiap meja. Nuansa Jepang terasa begitu kental. Di beberapa sisi temboknya, misalnya, terdapat mural berhiaskan lanskap kota Jepang, lengkap dengan ilustrasi samurai. Lampion warna warni bertuliskan huruf kanji menghiasi sudut-sudut ruangan.