fbpx
Makanan

Pulau Dolphin, Tempat Camping Seru di Kepulauan Seribu

Foto: Instagram @indrasutantoo
287views

Pulau tak berpenghuni yang berada di Kepulauan Seribu ini menjadi surga para backpacker yang suka berkemah atau outing bareng kerabat dan kawan. Tak hanya menyajikan pesona alam yang memanjakan mata, keanekaragaman pesona bawah lautnya juga luar biasa.

Bagi warga Jakarta, tak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota. Kamu cukup datang ke pulau yang ada di Kepulauan Seribu Utara ini. Namanya Pulau Dolphin.

Foto: Instagram @d_yufrianto

Pulau dengan spot camping tepi pantai terbaik ini berpasir putih dengan kontur pantai yang landai. Lokasinya dikelilingi spot snorkeling dan landscape pulau-pulau tak berpenghuni. Indah, alami dan bersih. Di pulau ini, kamu bisa menikmati gradasi warna di pantainya yang jernih.

Ingat, ya, jika berkunjung ke sini, kamu harus menyiapkan kemah dan hammock untuk santai-santai sambil menikmati angin laut yang menyegarkan. Saat hendak mendirikan tenda, kamu juga harus mencari spot terbaik, seperti berada di sekitar tepi laut. Jadi, ketika membuka kemah, kamu akan langsung disuguhi suara laut yang menenangkan dan bau angin laut yang khas.

Foto: Instagram @arie_movics

Bermain pasir dan berenang di sekitar pantai sembari berjalan menyusuri pulau menjadi aktivitas yang umum dilakukan. Airnya berwarna biru. Saking birunya, kamu bisa melihat pasir putih di dasar lautnya, lho. Kamu juga  bisa tidur di hammock yang kamu bawa dengan memasangnya di antara pohon-pohon rindang.

Saat malam menjelang, menikmati gemerlap bintang dan nuansa sejuknya malam akan menjadi momen yang tak terlupakan. Apalagi sambil menyalakan api unggun dan bakar ikan. Sungguh sebuah tempat kecil di laut luas yang mengagumkan.

Foto: Instagram @mhmd_khadafi

Aktivitas wajib yang harus kamu lakukan di sini adalah snorkeling, karena kamu bisa menemukan batasan laut dalam di sekitar pulau. Kamu juga bisa menemukan nemo dan penyu di terumbu karang.

Di Pulau Dolphin, kamu bisa melihat keindahan matahari terbenam. Saat cuaca cerah, kamu akan disuguhi pemandangan sunset yang eksotis.

Foto: Instagram @wearinasiaofficial

Jangan lupa membawa semua peralatan masak yang ringkas, ya. Tenda yang memadai, juga, bawa peralatan perlindungan diri, seperti obat-obatan ringan, sarung tangan, senter dengan baterai cadangan, jaket dan peluit.

Waktu terbaik untuk camping di pulau ini adalah pada hari kerja, karena tidak banyak wisatawan yang berkunjung.

Foto: Instagram @traveloka

“Sisi lain Jakarta yang kadang terlupakan. Tanpa dermaga, tanpa penghuni. Pulau Dolphin di Kepulauan Seribu yang sunyi. Pas buat kamu yang lagi cari ketenangan. Pasir pantainya putih dan sejauh mata memandang, kamu bakal ngeliat pulau-pulau nggak berpenghuni lainnya yang nggak kalah cantik! Mau camping bisa, mau snorkeling apalagi! Ke pulau ini, bisa transit dari Pulau Harapan atau Pulau Kelapa. Cocok nih buat weekend bareng teman-teman. Mention mereka yang mau kamu ajak ke sini!” tulis Instagram @traveloka.

Baca :   Buah-buahan Ini Tidak Boleh Disimpan di Dalam Kulkas

Cara menuju Pulau Dolphin dari Jakarta, kamu bisa memilih dua dermaga untuk transportasi umum. Dermaga Marina Ancol atau dermaga Kaliadem. Bisa pula melalui Muara Angke dengan tujuan ke Pulau Kelapa atau Pulau Harapan dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam menggunakan kapal cepat dan 3 jam dengan kapal fery.

Foto: Instagram @monpiot

Kamu juga bisa menggunakan jasa wisata atau operator wisata Pulau Seribu yang cukup banyak tersedia. Jika berangkat sendiri menuju Pulau Dolphin, kamu harus menyewa kapal jelajah di pulau setempat, untuk mendukung aktivitas snorkeling, jelajah pulau dan bersandar ke pantai Pulau Dolphin. Harga sewa yang perlu kamu keluarkan sekitar Rp400 ribu – Rp500 ribu dengan kapasitas di bawah 20 orang.

Jika kamu menggunakan kapal jelajah, tak sampai setengah jam, Kamu sudah bisa sampai ke tempat tujuan. Untuk paket wisata yang menawarkan wisata Pulau Dolphin biasanya berkisar Rp370 ribu per orang.

Foto: Instagram @arie_movics

Untuk tarif penyeberangan, harganya beragam. Satu kali penyeberangan dari Kali Adem menuju Pulau Harapan menggunakan kapal trasisional seharga Rp55.000, begitu juga dari arah sebaliknya. Jadwal keberangkatan kapal tradisional pada cuaca normal, yaitu Senin – Jumat, pukul 07.00 WIB, sedangkan hari Sabtu, pukul 07.00 WIB. Jadwal bisa berubah, ketika terjadi perubahan cuaca secara ekstrem.

Pulau Dolphin tidak memiliki dermaga dan tidak memiliki penjagaan. Jika ingin berlabuh, perahu biasanya menambatkan badannya di pinggiran pasir pantai Pulau Dolphin. Meskipun tidak berpenghuni, di Pulau ini sudah ada listrik. Di sini juga sudah ada toilet untuk buang air atau mandi.