fbpx
Makanan

Minum Kopi Hitam Membuat Otak Cerdas dan Menyehatkan Jantung

Kopi Hitam (Foto: rejuvenatinglifestyle.com)
146views

Siapa yang tidak suka dengan si hitam pekat ini. Minuman satu ini memang spesial. Bagi penikmatnya, minuman hasil seduhan biji kopi ini dianggap sebagai pelebur asa dan penghangat suasana. Dari secangkir kopi pula, bisa tercipta beragam cerita serta menambah keakraban antara satu dengan lainnya.

Selain nikmat, kopi juga memiliki manfaat. Tapi, minumnya harus tanpa gula. Para ahli kesehatan sepakat bahwa minum kopi hitam setiap hari dengan dosis yang tepat, dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Itu didapat dari antioksidan dan nutrisi yang ada pada kopi hitam. Walaupun sedikit pahit, berikut beberapa khasiat kopi hitam yang perlu diketahui.

Meningkatkan daya ingat

Ilustrasi (Foto: bicycling.co.za)

Minum kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat. Studi mengatakan konsumsi kopi secara teratur mengurangi risiko Alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson sebesar 60 persen. Kopi hitam membantu mencegah penyakit Parkinson dengan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Meningkatkan kinerja fisik

Ilustrasi (Foto: phongvu.vn)

Salah satu keuntungan terbesar dan terbaik dari kopi hitam adalah meningkatkan kinerja fisik secara drastis. Kopi hitam bekerja dengan meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang hebat. Kopi hitam juga memecah lemak tubuh yang tersimpan, dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Asam lemak bebas inilah yang digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

Baik untuk hati

Ilustrasi (Foto: evolving-science.com)

Hati adalah salah satu organ vital tubuh karena melakukan begitu banyak fungsi penting. Mengonsumsi kopi hitam membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis alkohol. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi hitam setiap hari memiliki 80 persen kemungkinan lebih rendah untuk mengembangkan penyakit hati apapun. Kopi membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.

Baca :   Kembaran Cokelat Ini Dinilai Lebih Sehat, Rasanya Juga Tak Kalah Lezat

Membuat cerdas

Ilustrasi (Foto: cstandard.co.uk)

Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bila bereaksi dengan tubuh, memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood, fungsi kognitif dan dengan demikian membuat cerdas selama periode waktu tertentu.

Membersihkan perut

Ilustrasi (Foto: wellandgood.com)

Kopi adalah minuman diuretik sehingga membuat orang yang meminumnya sering buang air kecil. Jadi, karena itulah saat minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri cepat-cepat keluar dengan mudah dalam bentuk urine.

Membantu menurunkan berat badan

Ilustrasi (Foto: dailymail.co.uk)

Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen. Kopi hitam juga dapat membakar lemak di perut.

Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Ilustrasi (Foto: CNN.com)

Meskipun minum kopi hitam secara teratur meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1 -2 cangkir kopi hitam setiap hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

Mengurangi resiko diabetes

Ilustrasi (Foto: longevityfacts.com)

Minum kopi hitam setiap hari membantu mengurangi risiko diabetes yang di kemudian hari dapat menyebabkan kerusakan organ dan penyakit jantung. Kopi membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin. Baik kopi berkafein maupun kopi tanpa kafein, keduanya baik untuk mencegah diabetes.