fbpx
Makanan

Mengonsumsi Jenis Ikan Ini Bisa Membuat Anak Cerdas, Lho

Ilustrasi (Foto: barebiology.com)
351views

Memiliki anak cerdas tentu harapan setiap orangtua. Agar menjadi cerdas, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya memberi asupan gizi baik pada anak. Terutama, yang bisa merangsang fungsi otak. Sebaiknya, beri anak makananan yang mengandung asam lemak atau omega 3. Karena otak terdiri dari banyak lemak, mengonsumsi omega 3 dapat membantu perkembangan otak anak.

Omega 3 bisa didapat dari ikan laut. Nutrisi, protein, Omega 3 dan Omega 6 yang terkandung dalam ikan merupakan komponen nutrisi yang penting untuk mendukung performa dan kebaikan otak. Sudah banyak studi yang membuktikan korelasi konsumsi ikan dengan kepintaran, karena ikan merupakan makanan sarat akan nutrisi yang baik untuk otak.

Ilustrasi (Foto: sott.net)

Menurut studi terbaru dari University of Pennsylvania, semakin sering anak makan ikan, semakin bagus bagi kecerdasan anak. Anak-anak yang mengonsumsi ikan sedikitnya sekali dalam sepekan rata-rata memiliki kualitas tidur baik dan skor tes Intelligence Quotient (IQ) mereka lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang jarang atau tidak pernah makan ikan.

Karena itu, ibu-ibu di seluruh Indonesia disarankan untuk membiasakan memberi makan ikan pada anak agar jadi kebiasaan ketika dewasa. Berikut beberapa jenis ikan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cakalang

Foto: Istimewa

Dalam 100 gram ikan cakalang mengandung 107 kalori, 19,6 gram protein, 0,7 gram lemak, dan 5,5 gram karbohidrat. Ikan ini biasanya diolah menjadi ikan asap dan abon.

Salmon

Foto: greatbritishchefs.com

Setiap 100 gram ikan salmon mengandung 415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak. Salmon juga kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan otak anak. Salmon juga merupakan salah satu jenis ikan yang paling bergizi tinggi karena kaya akan kandungan zinc, zat besi, niasin, vitamin B12, vitamin B6, dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan otak.

Baca :   Serunya Mencicipi Masakan Jepang Autentik Osaka Pertama di Indonesia

Bandeng

Foto: Istimewa

Dalam 100 gram ikan bandeng mengandung 123 kalori, 20 gram protein, dan 4,8 gr lemak. Ikan ini sama sekali tidak mengandung karbohidrat dan biasanya disukai anak-anak karena citarasanya yang gurih.

Ekor Kuning

Foto: Istimewa

Pada 100 gram ikan ekor kuning mengandung 108 kalori, 22,3 gram protein, 1,2 gram lemak, dan 2,1 gram karbohidrat.

Tuna

Foto: Istimewa

Setiap 100 gram ikan tuna mengandung 184 kalori, 30 gram protein, dan 6 gram lemak. Kandungan lemaknya memang terlihat cukup tinggi, namun ini adalah lemak baik yang sangat dibutuhkan otak anak, yaitu Omega-3. Selain kaya protein, tuna juga kaya akan nutrisi esensial seperti fosfor, kalium, magnesium, tiamin, dan vitamin B6.

Kembung

Foto: Istimewa

Dalam 100 gram ikan kembung mengandung sekitar 125 kalori, 21,3 gram protein, 3,4 gram lemak, dan 2,2 gram karbohidrat.

Patin

Foto: Istimewa

Pada 100 gram ikan patin mengandung 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat. Ikan patin mengandung 2 jenis asam lemak Omega-3, yakni EPA dan DHA, seperti yang terkandung dalam salmon dan tuna. Kedua jenis asam lemak esensial ini sangat baik untuk perkembangan otak anak.