fbpx
Makanan

Mencicipi Kuliner Khas Negeri Gajah Putih, Pedas dan Gurihnya Bikin Nagih

Foto: recipeblog.io
41views
Waktu baca : 4 menit

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Thailand juga memiliki beragam kuliner khas yang wajib dicoba. Wisatawan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, banyak yang sengaja datang ke Thailand demi mencicipi berbagai macam hidangan dari Negara Seribu Pagoda.

Thai Food memang mempunyai cita rasa yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Mungkin karena berbumbu dan memakai banyak rempah. Asam, asin, pedas, dan gurih menjadi cita rasa khas dari masakan Thailand. Biasanya, semua rasa itu bercampur dalam satu hidangan.

Foto: Istimewa

Pergerakan kuliner Thailand berkembang sangat cepat di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya restoran di Indonesia yang menawarkan cita rasa khas Thailand. Rasanya yang unik dengan penampilan menarik membuat Thai Food begitu disukai.

Bagi kamu pencinta Thai Food, tak harus pergi jauh-jauh ke Thailand untuk bisa mencicipi sederet kuliner negara berjuluk Lumbung Padi Asia Tenggara ini. Kamu cukup datang ke restoran ini. Namanya Thai I Love You. Kamu bisa mencicipi sederet Tom Yum, Pad Thai, hingga dessert yang sedang hits, yaitu Mango Sticky Rice.

Foto: Instagram @ferlikkurniawan

Rasanya tak kalah dengan hidangan yang ada di Thailand. Kamu akan mendapatkan rasa autentik khas Negeri Gajah Putih yang tradisional. Salah satunya Tom Yum Goong. Kuliner andalan negara berjuluk Tanah Merdeka. Rasanya yang pedas dan asam, cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

“Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan masakan bercita rasa khas Thailand yaitu, manis, asam, pedas, dan gurih, kamu bisa datang ke Mal Kelapa Gading 5. Bumbunya lebih kuat dan sama dengan yang ada di Thailand. Tapi untuk beberapa menu, disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia, yaitu tidak terlalu pedas dan asam,” kata Fredericka Rendy, Marcomm Manager Jittlada Group di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Foto: Istimewa

Untuk hidangan pembuka, Fredericka memberi saran untuk mencoba nikmatnya rasa, tekstur, dan aroma dari Pandan Chicken atau Gai Hor Bai Toey. “Ini adalah ayam goreng tanpa tulang yang dibungkus daun pandan. Potongan ayamnya sudah dimarinasi selama 1X24 jam,” ujar Fredericka.

Bumbunya memang terasa sampai ke tulang. Aroma pandannya tercium dan menggugah selera. Disajikan bersama saus rahasia, kenikmatan ayam ini justru lebih terasa jika di konsumsi tanpa cocolan saus.

Foto: Istimewa

Jika kamu ingin mencicipi hidangan utama nasi, namun ingin yang berbeda dari lainnya, coba Fried Rice in Coconut Shell atau Khao ob Mapraow Onn yang tersedia dalam tiga pilihan, ayam, daging dan udang. Disajikan dalam batok kelapa lengkap dengan daging kelapa di dalamnya yang lembut. Ditambah kacang-kacangan renyah di mulut, makanan ini susah untuk dilewatkan.

Ada pula Pad Thai, sejenis mie siram yang dimasak dengan gula aren dan kuah asam, lalu ditambahkan dengan udang, kacang, tauge, dan taburan daun bawang. Pencinta mie harus coba mie yang satu ini.

Foto: Istimewa

Pla Sam Rodm, hidangan seafood yang dibumbui dengan saus khas Thailand. Ini merupakan Ikan kerapu yang digoreng garing, kemudian disantap dengan saus tiga rasa, yaitu manis, asam, pedas. Kamu akan mendapatkan aroma daun basil yang menggugah selera. Paling enak menyantap menu ini ditemani nasi putih hangat.

Bagi yang suka hidangan pedas, kamu harus coba Pla Neung Manaow. Cumi segar yang empuk dan tidak alot. Perlu diingat, saat mencicipi kuahnya, kamu harus menyeruputnya agar tidak tersedak. Pasalnya, Pla Neung Manaow memiliki rasa super pedas yang bercampur dengan asam jeruk limau.

Foto: Istimewa

Di restoran ini banyak pilihan salad. Salah satu yang harus kamu coba adalah Fluffy Catfish Salad atau Yam Pla Duk Foo. Salad Mangga ini diberi toping krispi ikan lele yang dihancurkan, dan digoreng krispi. Mangga muda diiris, dan dicampur dengan bumbu rahasia, seperti jeruk limau, potongan bawang merah, irisan bawang merah, dan cabai.

Tak lengkap rasanya jika ke restoran Thailand tidak mencicip Mango Sticky Rice, Man Cham atau Cooked Tapioka in Syrup, singkong lembut dengan siraman saus santan kental di atasnya. Dijamin berbeda dengan singkong Thailand yang biasa ditemui.

Foto: Istimewa

Restoran yang mengusung konsep taman ini terlihat nyaman untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. Bernuansa santai dengan desain interior yang kasual dan mengedepankan estetika ruangan yang segar. Di sini, kamu bisa bersantai menikmati menu-menu lezat sambil dimanjakan dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Restoran berkapasitas 88 orang ini buka sesuai jam bukan dan tutup mal. Dibanding restoran Thailand lainnya, harga makanan di sini lebih terjangkau. Rata-rata, untuk makan di Thai I Love You, kamu akan menghabiskan Rp100.000 per orang.

Facebook Comments