fbpx
Makanan

Kembaran Cokelat Ini Dinilai Lebih Sehat, Rasanya Juga Tak Kalah Lezat

Foto: georgioupolihotels.com
58views

Kamu tahu apa itu Carob? Carob adalah alternatif pengganti cokelat yang lezat dan bergizi. Carob mengandung banyak manfaat terutama untuk menu diet harian kamu. Memiliki nama latin Ceratonia Siliqua, carob dihasilkan dari pohon carob.

Carob berasal dari Mediterania, termasuk Eropa Selatan dan Afrika Utara. Sebenarnya, carob bukanlah hal baru di dunia kuliner. Carob sudah tersedia di toko bahan makanan sejak tahun ‘70-an. Carob tersedia dalam bentuk bubuk tepung seperti cokelat bubuk yang diekstrak dari biji carob. Di negara asalnya, carob digunakan sebagai pengganti cokelat.

Foto: quickanddirtytips.com

Kegunaannya pun dianggap sama sebagai pengganti makanan yang menggunakan cokelat. Bubuk carob diklaim memiliki rasa yang mirip dengan cokelat. Carob dianggap memiliki rasa yang menyerupai manis karamel. Hanya saja, carob dianggap lebih sehat karena memiliki jumlah gula alami yang lebih rendah dari kakao.

Carob mengandung 3,5 gram gula per sendok makan, sedangkan cokelat lebih dari itu. Menurut ahli gizi Jessica Levinson, carob tidak mengandung kafein dan theobromine, dua bahan kimia alami dalam cokelat yang berfungsi sebagai stimulan.

Foto: healthline.com

Dalam hal nutrisi, carob dan kakao memiliki serat yang cukup banyak, sekitar dua gram per sendok makan. Hanya saja, dibanding cokelat, carob juga punya kelemahan. Levinson mengungkapkan bahwa carob tak memiliki antioksidan flavanol kuat seperti kokoa yang berpotensi membuat jantung sehat.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, carob memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Tinggi kandungan vitamin dan mineral

Sirup Carob (Foto: diarilbniet.com)

Carob sangat tinggi kalsium dan zat besi. Carob juga sumber yang baik untuk riboflavin, folat, niacin, vitamin E, potassium, tembaga, mangan dan selenium, serta sangat tinggi serat. Sirup carob mungkin tersedia di toko makanan alami atau pun diimpor, biasanya diimpor dari Yunani. Sirup ini dilaporkan memiliki jumlah yang lebih tinggi kalsium dan mineral karena bentuknya yang terkonsentrasi.

Bebas kafein

Foto: vukoo.com

Carob secara alami bebas kafein, ini sangat baik bagi kamu yang sensitif terhadap kafein dalam cokelat. Carob juga dapat dibuat menjadi keripik carob, yang lebih cenderung menjadi vegan.

Baca :   Es Krim Khas dari Berbagai Negara

Pencegahan kanker

Foto: resim-indir.sayt.im

Polifenol dalam carob telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang cukup. Sebuah studi telah menemukan bahwa ekstrak polifenol carob dapat menghambat berbagai sel kanker manusia. Bahkan sel-sel kanker serviks tertentu.

Mengurangi kolesterol

Foto: cooksinfo.com

Kandungan serat yang tinggi dari carob telah dikaitkan dengan kadar kolesterol. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa peserta yang makan khusus serat carob dua kali sehari dapat mengurangi kolesterol darah mereka setelah periode empat minggu.

Membantu pencernaan

Foto: yesilist.com

Carob telah digunakan secara tradisional sebagai pengobatan untuk diare. Sebuah studi baru-baru ini membuktikan bahwa jus kacang carob dapat secara efektif mengobati diare pada anak-anak, dan mungkin orang dewasa juga. Hal ini mungkin disebabkan karena kandungan tanin yang ada pada carob dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dalam usus.

Mengatur glukosa darah

Ilustrasi (Foto: healthline.com)

Carob membantu menjaga gula darah pada tingkat normal karena jumlah tinggi serat. Serat tidak larut membantu untuk mengikat air dan mendukung kesehatan fungsi saluran usus. Sehingga hal ini dapat membantu pencernaan dan pemeliharaan kadar insulin yang tepat.

Memiliki banyak kegunaan yang berbeda-beda 

Foto: Pekmez.gen.tr

Carob lebih fleksibel, sehingga bisa diolah atau disajikan sebagai campuran makanan yang berbeda-beda. Sebagai penggati cokelat bubuk, pengganti chocolate chips, kue dan muffin. Biji carob juga bisa dipanggang dan digunakan sebagai pengganti kopi

Aman untuk hewan peliharaan

Ilustrasi (Foto:wikihow.com)

Kakao dan cokelat mengandung theobromine yang dapat menjadi racun untuk beberapa mamalia. Sedangkan Carob memiliki lebih sedikit dari zat berbahaya ini dan dapat dengan aman digunakan untuk memberi rasa coklat bagi hewan peliharaan kamu.