fbpx
Makanan

Jangan Simpan Kentang di Dalam Kulkas! Berbahaya!

Jangan simpan kentang di dalam kulkas
Kentang (Foto: Istimewa)
159views

Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas adalah salah satu cara menjaga agar bahan makanan itu tetap segar dan awet. Masalahnya adalah tidak semua bahan makanan itu bisa disimpan di dalam lemari pendingin. Beberapa di antaranya justru bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Salah satu jenis bahan makanan yang dilarang disimpan di dalam kulkas karena bisa membahayakan kesehatan adalah kentang. Mengapa? Karena cara itu bisa meningkatkan risiko kanker.

Jangan simpan kentang di dalam kulkas
Kentang goreng (Foto: iStock)

Dikutip dari laman Reader’s Diggest, suhu lemari es yang lebih dingin dapat mengubah pati dalam kentang menjadi gula. Menurut American Cancer Society, ketika kentang digoreng atau dipanggang di atas suhu 250 Celcius, gula tersebut akan melebur dengan asam amino asparagin. Pembakaran itu akan menghasilkan zat kimia yang disebut akrilamida.

Akrilamida, menurut National Cancer Institute, adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat kertas, pewarna, dan plastik. Senyawa ini pun bisa digunakan untuk menjernihkan air dan limbah. Dan riset terhadap tikus sebagai subjek penelitian menunjukkan bahwa senyawa kimia ini meningkatkan risiko kanker.

Jangan simpan kentang di dalam kulkas
Ilustrasi (Foto: The Richest)

Memang belum ada penelitian yang dilakukan terhadap manusia berhubungan dengan kentang yang disimpan di dalam kulkas ini. Namun, ada hasil yang beragam pada ginjal, endometrium, dan kanker ovarium. Memang benar bahwa tikus dan manusia memetabolisme akrilamida pada tingkat yang berbeda. Meskipun demikian, The National Toxicology Program yang melakukan riset ini mengkategorikan akrilamida sebagai karsinogen.

Baca :   Pulau Dolphin, Tempat Camping Seru di Kepulauan Seribu

Dikategorikan demikian karena didasarkan pada penelitian atas hewan laboratorium yang tak sengaja menelan akrilamida dalam air minum. Dari penelitian itu juga diketahui bahwa menyimpan kentang di luar kulkas dan memasaknya tidak terlalu lama dapat mengurangi kandungan akrilamida. Oleh karena itu, jangan menyimpan kentang di dalam lemari es. Simpan saja di tempat yang sejuk dan kering dan jangan terlalu lama memasaknya.