fbpx
Makanan

4 Makanan Korea Ini Lezat, Sehat dan Bergizi Tinggi

Foto: fourlook.com
163views

Makanan tradisional menjadi daya tarik tersendiri dari setiap Negara. Tak terkecuali makanan khas Korea Selatan. Selain lezat, makanan tradisional Korea juga terkenal sehat.

Bahan bakunya rata-rata dari aneka sayuran dan daging. Cara mengolahnya juga kebanyakan direbus atau dipanggang. Lalu, apa saja makanan Korea yang baik untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa jenis makanan Korea yang patut dicoba karena kesehatan dan kelezatannya.

Kimchi

Kimchi (Foto: koreanbapsang.com)

Kimchi merupakan salah satu masakan tertua di Korea. Makanan ini diolah dari sayuran yang difermentasi dengan tambahan bumbu sehingga terasa sedikit pedas dan asam. Karena terbuat dari sayuran yang difermentasi, kimchi sangat baik bagi kesehatan terutama dalam melancarkan metabolisme tubuh.

Bahan utama yang paling umum digunakan untuk pembuatan kimchi adalah kol. Kimchi sangat populer di kalangan orang asing karena cita rasanya yang unik. Selain rendah kalori, kimchi memiliki kandungan nutrisi dan seratnya yang tinggi. Sangat baik jika rutin dikonsumsi.

Samgyetang

Samgyetang (Foto: aromasian.com)

Saat musim panas, makanan asal Korea ini menjadi hidangan khas yang selalu tersaji di meja makan. Samgyetang adalah sup tradisional Korea yang terbuat dari olahan daging ayam, bawang putih, daun bawang, jujube Korea, ginseng Korea, dan rempah-rempah lainnya.

Dengan tambahan ginseng, sup ini mengandung nilai gizi yang tinggi karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah energi. Tidak hanya dikenal dengan kandungannya yang sehat, samgyetang menjadi populer karena rasanya yang gurih.

Baca :   Kata Penelitian, Makan Makanan Pedas Bisa Bikin Hidup Lebih Lama

Musaengchae

Musaengchae (Foto: koreanbapsang.com)

Lobak putih adalah salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam masakan Korea. Musaengchae ini adalah sejenis salad dengan bahan utama lobak yang sehat. Salad ini biasanya dibuat dengan dua rasa yang berbeda, yaitu yang lebih pedas dan yang cenderung asin.

Salad khas Korea ini sangat menyehatkan karena memiliki khasiat yang hampir sama dengan kimchi. Selain dapat melancarkan metabolisme, lobak juga dapat mencerahkan kulit serta menjadikan kulit lebih kenyal dan sehat alami.

Miyeok-Guk

Miyeok-Guk (Foto: bonberi.com)

Makanan asal Korea yang satu ini juga termasuk menyehatkan karena dibuat dari olahan miyeok (rumput laut cokelat) segar yang ditambah tulang sapi. Menurut tradisi, masyarakat Korea selalu menyajikan miyeok-guk ini untuk wanita yang baru saja melahirkan karena kandungan iodinnya yang cukup tinggi.

Kandungan ini dipercaya dapat membantu penyembuhan pascamelahirkan dan juga membantu memperlancar ASI.