Gaya Hidup

Main Ponsel 20 Jam, Darah di Otak Perempuan Ini Membeku

Pembekuan darah di otak karena main HP
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
85views

Berita terkini Jelujur.com – Baru beberapa hari yang lalu WHO memasukkan kondisi kecanduan online game sebagai gangguan kesehatan mental. Tentu bukan tanpa alasan yang kuat badan kesehatan dunia ini mengambil sikap seperti itu. Sudah banyak peristiwa yang menunjukkan efek negatif dari kecanduan itu.

Salah satu peristiwa yang dengan sangat jelas menunjukkan efek negatif dari kecanduan game daring ini adalah jatuh sakitnya seorang gadis dari Filipina bernama Mhary Mundoc Idanan. Perempuan berusia 23 tahun itu mengalami stroke setelah bermain Mobile Legends sejak jam 10 malam hingga jam 6 pagi selama hampir setiap hari. Kisahnya viral pada awal Juni lalu.

Tidak berapa lama setelah itu, game daring kembali memakan korban. Seorang bocah berusia 10 tahun dari London, Inggris, harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pembengkakan usus dan saluran kemih. Apa lagi kalau bukan karena dia menahan buang air kecil lantaran keasyikan bermain game.

Pembekuan darah di otak karena main HP
Mhary Mundoc Idanan (Foto: Facebook)

Pada awal Juli ini, sebuah kabar buruk datang dari China. Kabar tentang efek buruk dari kecanduan gawai. Dilansir The Telegraph, seorang perempuan berusia 47 tahun hampir saja kehilangan nyawanya setelah selama 20 jam menatap layar telepon genggamnya.

Perempuan itu diketahui naik kereta api dari Henan ke Guangzhou. Selama berada dalam perjalanan, ia terus-menerus menatap layar telepon genggamnya. Kurang lebih selama 20 jam. Saat turun dari kereta, dia hampir tidak bisa berbicara dan kesulitan menggerakkan sebagian anggota badannya. Dia mengalami pembekuan darah di otak.

“Dia bertahan dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama karena terlalu banyak penumpang dalam kereta tersebut. Dia tidak bergerak, tapi malah main ponsel dengan posisi kepala miring ke kanan. Kami menyimpulkan dia berada dalam posisi tersebut terlalu lama, sehingga menekan pembuluh darahnya,” jelas dr. Meng Heng dari The First Affiliated Hospital of Jinan University di Guangzhou.

Pembekuan darah di otak karena main HP
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Tim dokter langsung melakukan operasi dadakan. Operasi berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Dan operasi itu berhasil. Saat ini, perempuan itu berada dalam tahap pemulihan.