Kecantikan & Kesehatan

Konsumsilah 5 Makanan Ini untuk Mengurangi Kerontokan Rambut

Makanan untuk mengatasi kerontokan rambut
Ilustrasi rambut rontok (Foto: Istimewa)
92views
Waktu baca : 3 menit

Berita terkini Jelujur.com – Rambut yang rontok setiap hari adalah hal yang wajar. Dalam dunia medis, kerontokan rambut seperti itu disebut alopecia. Lebih tepatnya androgenetic alopecia. Istilah itu merujuk pada kerontokan rambut karena masalah genetik.

Jika rambut rontok sebanyak 100 helai setiap hari, kerontokan seperti itu masih dianggap wajar. Baru dianggap tidak wajar jika lebih dari jumlah helai itu. Biasanya hal itu menjadi tanda bahwa ada masalah kesehatan serius yang sedang dialami seseorang.

Pola kerontokan rambut perempuan dan laki-laki berbeda. Pada pria, alopecia ditandai dengan kerontokan pada garis rambut atau bagian atas dan depan kepala. Lama-kelamaan akan terjadi kebotakan sebagian atau bahkan kebotakan total.

Makanan untuk mengatasi kerontokan rambut
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Sementara pada perempuan, kerontokan menyebabkan penipisan rambut. Pada umumnya terjadi pada seluruh bagian rambut. Tidak terpusat pada salah satu bagian saja. Namun, berbeda dengan laki-laki, kerontokan ini tidak sampai menyebabkan kebotakan total.

Sejauh ini sudah diproduksi obat-obatan untuk mengatasi gangguan kerontokan ini. Namun, sama seperti obat lainnya, tetap saja ada efek sampingnya. Akhirnya orang beralih kepada cara yang paling aman. Cara itu adalah mengonsumsi makanan yang dapat mengatasi kerontokan rambut.

Berikut ini lima jenis makanan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan:

Telur

Makanan untuk mengatasi kerontokan rambut
(Foto: Istimewa)

Telur mengandung dua nutrisi penting yang mendorong pertumbuhan rambut: protein dan biotin. Protein bermanfaat untuk membuat folikel rambut menjadi kuat. Sementara biotin berperan penting dalam produksi keratin (protein rambut) untuk mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan salah satu nutrisi ini dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Ikan salmon

Makanan untuk mengatasi kerontokan rambut
(Foto: iStock)

Ikan salmon mengandung banyak nutrisi untuk rambut seperti vitamin D dan protein. Ikan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat.

Wortel

Makanan untuk mengatasi kerontokan rambut
(Foto: Istimewa)

Wortel mengandung vitamin yang tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga untuk rambut. Kandungan itu akan meningkatkan kesehatan folikel rambut dan kulit kepala. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin K, C, B6, B1, B3, B2, serat, kalium, dan fosfor. Semua kandungan itu bermanfaat untuk membuat rambut tetap kuat dan sehat.

Bayam

Makanan untuk mengatasi kerontokan rambut
(Foto: Istimewa)

Sayuran yang satu ini mengandung vitamin B, C dan E, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, dan asam lemak omega-3. Semua kandungan ini dibutuhkan rambut untuk tumbuh sehat dan kuat.

Kacang dan biji-bijian

Makanan untuk mengatasi kerontokan rambut
Kacang walnut (Foto: Istimewa)

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti walnut dan biji rami mengangdung omega-3 dan omega-6. Kedua kandungan ini dapat menghentikan kerontokan rambut. Dari penelitian yang hasilnya sudah dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology diketahui bahwa 90% wanita yang mengonsumsi suplemen gizi yang mengandung omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan menunjukkan penurunan kerontokan rambut; 86% perempuan mengalami peningkatan dalam pertumbuhan rambut; dan 87% mengaku bahwa rambut mereka menjadi lebih tebal.