fbpx
Kecantikan & Kesehatan

WHO Akhirnya Akui Stres di Tempat Kerja sebagai Penyakit

Ilustrasi orang yang mengalami stress (Foto: Freepik)
104views

Pada dasarnya, stres adalah reaksi tubuh atas ancaman, tekanan, atau perubahan yang terjadi pada seseorang. Stres dipicu oleh banyak faktor. Bisa karena masalah keluarga, masalah sosial, masalah keuangan, masalah pekerjaan, dan lain-lain.  

Masalah-masalah itu memicu respon tubuh, baik secara fisik maupun mental. Respon itu bisa muncul dalam banyak wujud. Bisa berupa napas dan detak jantung yang menjadi cepat, bisa juga otot menjadi kaku dan tekanan darah meningkat.

Siapa saja bisa mengalami stress. Mulai dari anak-anak hingga orang tua.Jika tidak ditangani dengan baik, stress—apalagi yang berkepanjangan—dapat mengganggukesehatan fisik dan melemahkan daya tahan tubuh.

(Foto: detikcom)

Melihatefek negatifnya, baru-baru ini, WHO (World Health Organization) mengakui bahwa stressyang muncul di tempat kerja adalah sebuah penyakit.  Sindrom itu ditandai dengan tiga hal. Pertama,kehilangan energi dan kelelahan. Kedua, makin ada jarak dengan pekerjaanseseorang atau perasaan negatif maupun sinis terkait pekerjaan seseorang.Ketiga, berkurangnya efikasi profesional.

Baca :   Sebaiknya Berapa Kali Kamu Harus Mencuci Muka Dalam Sehari?

“Ini adalah pertama kalinya,” kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, tentang klasifikasi tersebut seperti dikutip dari Channelnewsasia.