fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Waspada, Radiasi Ponsel Bisa Picu Kanker Otak dan Hati!

Radiasi ponsel picu kanker otak dan hati
Ilustrasi (Foto: REUTERS)
102views
Waktu baca : 2 menit

Tidak sulit untuk menemukan orang yang menggenggam ponsel. Hampir di setiap sudut kota ada. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan hingga lansia.

Di mana-mana orang menggenggam ponsel. Di kamar, di dapur, di meja makan, di dalam kendaraan, di tempat kerja, dan bahkan di dalam rumah ibadah. Digenggam mulai dari pagi hingga larut malam. Bahkan hingga pagi lagi. Disimpan di dalam kantong baju, kantong celana, dan tas.

Orang merasa lebih “trendi” dengan ponsel pintar di tangan. Sekilas semuanya tampak baik-baik saja. Namun, sebenarya ada bahaya besar yang mengintai.

Radiasi ponsel picu kanker otak dan hati
Ilustrasi (Foto: Komo News)

Belum lama ini, sejumlah ilmuwan dari National Toxicology Programm melakukan penelitian untuk mencari apa pengaruh buruk dari ponsel terhadap kesehatan. Mereka mengambil 3.000 hewan pengerat sebagai objek penelitian. Setiap hari, selama 2 tahun, hewan-hewan itu terpapar radiasi selama 9 jam.

Dari penelitian itu diketahui bahwa gelombang radio berupa radiasi dari beberapa jenis ponsel dapat meningkatkan risiko kanker otak dan hati. Sekitar 2—3% tikus jantan yang terpapar radiasi mengalami kanker otak yang mematikan. Dan sebanyak 5—7% tikus jantan menderita tumor hati ganas.

Radiasi ponsel picu kanker otak dan hati
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

“Kami percaya bahwa hubungan antara frekuensi radiasi dan tumor pada tikus jantan benar adanya,” kata John Bucher, ilmuwan senior di National Toxicology Program, seperti dilansir NY Times.

Tingkat dan durasi paparan gelombang radio pada tikus jauh lebih besar. Tidak seperti yang terjadi pada manusia. Tingkat radiasi terendah yang digunakan dalam penelitian ini sama dengan paparan maksimum yang diizinkan untuk pemakaian ponsel. Sedangkan tingkat radiasi tertinggi adalah sebanyak empat kali dari paparan yang diizinkan.

Radiasi ponsel picu kanker otak dan hati
(Foto: Daily Mail)

Dilansir The Independent, frekuensi radiasi yang diberikan pun sama dengan yang terdapat pada teknologi ponsel generasi awal, yakni 2G dan 3G. Meskipun dalam jumlah yang sedikit, paparan radiasi ponsel tetap dapat meningkatkan risiko kanker pada manusia.

Facebook Comments