fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Tentang Wajah Ratna Sarumpaet yang Bengkak dan Lebam!

Wajah Ratna Sarumpaet bengkak ketelah operasi plastik
Ratna Sarumpaet (Foto: detikcom)
172views

Dalam dua hari terakhir ini, nama Ratna Sarumpaet menjadi buah bibir. Aktivis itu mengaku bahwa ia baru saja menjadi korban penganiayaan di Bandung, Jawa Barat. Bersamaan dengan pengakuan itu, beredar sejumlah foto melalui media sosial tentang kondisi wajahnya yang bengkak dan lebam karena penganiayaan itu.

Polisi bergerak cepat untuk menyelidiki masalah ini. Dari penyelidikan itu diketahui bahwa pada tanggal 21 September lalu, tanggal yang disebut Ratna sebagai tanggal ia dianiaya, Ratna masuk Rumah Sakit Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat. Ibu dari Atiqah Hasiholan itu kemudian mengaku bahwa ia tidak dianiaya. Yang terjadi sebenarnya adalah ia menjalani operasi plastik. Dan wajah yang bengkak dan lebam adalah efek dari operasi.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa wajah bisa lebam dan bengkak setelah prosedur operasi? Hal itu adalah respon yang alami dari tubuh terhadap luka, baik besar maupun kecil. Setiap luka, seberapa kecil pun ukurannya, pasti akan meninggalkan bekas.

Wajah Ratna Sarumpaet bengkak ketelah operasi plastik
Beginilah wajah Ratna setelah operasi plastik (Foto: Istimewa)

Dilansir situs Premier Plastic Surgery Arts of Voorhees, New Jersey, proses penyembuhan setelah operasi seharusnya bukanlah masalah atau menciptakan masalah baru. Namun, dalam beberapa kasus, bisa saja terjadi infeksi. Bisa juga timbul masalah karena tidak dirawat dengan baik. Ada juga yang secara genetis rentan terhadap luka hingga menjadi keloid.

“Dokter biasanya tahu cara menyembunyikan lukanya,” kata William Franckle, dokter bedah plastik, seperti dikutip dari situs tersebut.

Baca :   Bila Ratna Sarumpaet Tak Jujur, Propaganda Firehose of Falsehood Sempurna
Wajah Ratna Sarumpaet bengkak ketelah operasi plastik
Ilustrasi bedah (Foto: Thinkstock)

Pada dasarnya, ada tiga tahap penyembuhan luka yang mempengaruhi tampilan dan fungsi tubuh. Pertama adalah fase inflammatory selama beberapa hari usai operasi. Luka bekas operasi plastik akan merah, bengkak, dan sakit bila disentuh karena sel tubuh sedang memproduksi senyawa untuk persiapan penyembuhan luka.

Fase berikutnya adalah fase proliferasi. Fase ini terjadi pada 6—8 minggu setelah operasi. Tandanya adalah ukuran luka makin besar. Pasien biasanya terus menerima kolagen untuk memperbaiki kondisi luka.

Wajah Ratna Sarumpaet bengkak ketelah operasi plastik
Ratna Sarumpaet akhirnya mengaku bahwa ia telah berbohong (Foto: detikcom)

Tahap terakhir adalah remodelling yang berlangsung selama 4—12 bulan. Bekas luka semakin kecil dan halus dengan kolagen yang diproduksi tubuh dan bukan ditambahkan dari luar.

Jika bekas luka terasa sakit, Franckle menyarankan pasien untuk memijat luka itu dengan perlahan. Bisa juga dengan cara menempelkan lembar silikon ke atas luka. Lembar silikon gel itu akan mengurangi rasa sakit, merah, bengkak, dan memperbaiki tampilan. Dan selama proses penyembuhan ini, pasien harus telaten menjaga kebersihan dan melakukan kontrol secara rutin.