fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Selain Indah dan Harum, Tanaman Ini Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Foto: bonnieplants.com
139views

Kamu tahu tanaman Melissa Officinalis? Namanya memang seperti nama orang, ya? Tapi bukan, ini adalah nama salah satu tanaman herbal. Sebagian besar orang mulai banyak menyebutnya lemon balm. Ramuan lemon balm memang sudah dikenal memiliki manfaat yang mengesankan untuk efek penyembuhan.

Selain indah, tanaman ini juga harum. Tanaman ini cocok menghiasi halaman rumah kamu. Lemon balm sudah digunakan sejak abad pertengahan untuk meningkatkan tidur, mengurangi kecemasan dan stres, serta mengurangi rasa sakit.

Foto: (brooksidenursery.co.uk

Zaman dahulu, lemon balm justru melebihi anggur dan diminum untuk mengobati gigitan berbisa serta sengatan. Bisa juga untuk menyembuhkan luka dan meningkatkan semangat mereka yang memakainya. Berikut ini beberapa khasiat dari lemon balm yang dirangkum dari berbagai sumber:

Penolak nyamuk bebas DEET

Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)

Lemon balm telah digunakan secara tradisional oleh tukang kebun untuk menjaga dari gigitan nyamuk. Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurokimia menemukan bahwa obat nyamuk yang berbasis DEET (diethyltoluamide) ternyata dapat mengganggu sinyal saraf, mengganggu hormon dopamin yang diperlukan untuk fungsi otakyang sehat, dan mekanisme kimia yang terkait dengan gangguan neurologis dan degenerasi saraf. Lemon balm bisa digunakan sebagai alternatif penolak nyamuk yang alami non-DEET.

Menenangkan dan properti relaxing

Foto: Istimewa

Lemon balm telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat penenang alami.

Anti-retroviral terhadap HIV

Foto: powerpo.pw

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal medis Retrovirology, peneliti menemukan bahwa kombinasi dari peppermint, sage dan lemon balm sangat efektif dalam menghambat virus HIV.

Baca :   Kamu Harus Tahu: Inilah 3 Gangguan Jantung yang Bisa Sebabkan Orang meninggal Saat Tidur

Anti-virus terhadap virus herpes

Ilustrasi (Foto: zovirax.com.au)

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Natural Products Research, para ilmuwan menemukan bahwa lemon balm sangat efektif melawan virus herpes simplex. Lemon balm terbukti menghambat kemampuan virus herpes simplex hingga 60 persen. Studi lain juga menemukan bahwa salep lemon balm ampuh menghilangkan luka dingin hanya dalam dua hari.

Menyembuhkan insomnia

Ilustrasi (Foto: aplaceformom.com)

Beberapa studi telah menemukan lemon balm efektif terhadap insomnia, terutama ketika dikombinasikan dengan herbal alami lainnya seperti valerian, hop atau chamomile.

Obat antibakteri

Ilustrasi (Foto: ebpcooh.org.uk)

Penelitian juga menunjukkan bahwa lemon balm memiliki tingkat tinggi aktivitas antibakteri. Bahkan efektif melawan bakteri staphylococcus aureus, yang memiliki perlawanan terhadap antibiotik farmasi.

Terapi sindrom kelelahan kronis

Ilustrasi (Foto: express.co.uk)

Banyak herbalis dan dokter alami berpikiran menggunakan lemon balm dalam pengobatan sindrom kelelahan kronis (CFS / chronic fatigue syndrome). Itu karena CFS telah dikaitkan dengan virus, maka herbal lemon balm menjadi pilihan untuk mengobati infeksi virus.

Membantu menghilangkan peradangan terkait thyroid (kelenjar gondok)

Ilustrasi (Foto: wilsonssyndrome.com)

Herbal Anti-inflamasi seperti lemon balm sering direkomendasikan untuk menghilangkan peradangan yang terkait dengan berbagai kondisi tiroid.