fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Pare, Si Pahit yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Manfaat pare untuk kesehatan
Pare (Foto: balconygardenweb.com)
173views

Pare (Momordica charantia) adalah jenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Biasanya diolah dengan berbagai bahan lain menjadi menu yang lezat. Salah satunya adalah ditumis dengan tempe.

Seperti sayuran lainnya, pare juga mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 g pare terkandung 34 kalori, 13 mg sodium, 602 g potassium, 7 g karbohidrat, dan 3,6 g protein. Selain itu, pare juga mengandung mineral penting seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalsium, dan beragam vitamin.

Melihat banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, tidaklah mengherankan bahwa sayuran ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa manfaatnya.

Mengontrol kadar gula darah

Manfaat pare untuk kesehatan
(Foto: juiceforhealth.com)

Pare dapat mengontrol kadar gula darah. Insulin yang terkandung di dalamnya membantu mengubah glukosa menjadi energi. Pare membantu tubuh mempertahankan nutrisi yang diserap dari makanan agar tidak terkonversi menjadi gula lalu masuk ke aliran darah.

Menyehatkan jantung

Manfaat pare untuk kesehatan
(Foto: Istimewa)

Pare mengandung komponen yang dapat menyehatkan jantung. Dari penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Research (2013) diketahui bahwa binatang yang menjalani diet dengan ekstrak pare mengalami penurunan kadar kolesterol.

Mencegah masalah kulit

Manfaat pare untuk kesehatan
(Foto: Istimewa)

Sayuran ini dapat membersihkan darah, sehingga kulit bebas dari jerawat. Vitamin C yang terkandung di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang dapat memperlambat munculnya tanda penuaan. Antioksidan ini juga melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.  Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus pare secara teratur dapat membantu mengobati infeksi kulit seperti eksim dam psoriasis.

Baca :   Kamu Harus Tahu: Sariawan Bisa Jadi Merupakan Gejala Awal Kanker Mulut

Menurunkan berat badan

Manfaat pare untuk kesehatan
(Foto: healthbenefittimes.com)

Kamu sedang menjalani program penurunan berat badan? Jika ya, konsumsilah pare. Sayuran ini rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Penelitian yang dilakukan pada 2010 dan dipublikasikan dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa ekstrak pare membantu menghilangkan sel lemak dan mencegah pembentukan sel lemak baru.

Membersihkan organ hati

Manfaat pare untuk kesehatan
(Foto: vegrecipesfindia.com)

Penelitian lain menunjukkan bahwa pare dapat menghilangkan alkohol yang bersarang di organ hati. Pare dapat melindungi hati dengan cara menguatkan aktivitas antioksidan pada enzim hati.

Mengembalikan kilau rambut

Manfaat pare untuk kesehatan
(Foto: iStock)n

Pare punya manfaat lain yang tidak banyak orang tahu: mengembalikan kilau rambut. Pasalnya pare mengandung vitamin A, C, biotin, dan zinc. Kandungan ini dapat mengembalikan kilau dan kelembapan rambut. Lalu bagaimana caranya memanfaatkan pare untuk membuat rambut berkilau? Caranya adalah membuatnya menjadi masker rambut. Masker ini akan menyehatkan kulit kepala, sehingga bisa mengurangi kerontokan, uban, rambut bercabang dan kasar, ketombe, dan rasa gatal.