fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Kamu Harus Tahu: Empat Cangkir Kopi Sehari Baik untuk Jantung

Kopi menyehatkan jantung
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
167views

Berita terkini Jelujur.com – Kajian demi kajian tentang efek kopi terhadap berbagai organ tubuh terus-menerus dilakukan para ilmuwan dari seluruh dunia. Kajian terbaru tentang kopi ini diperlihatkan oleh para ilmuwan dari Jerman. Sebuah kajian yang sangat penting bagi usaha untuk menjaga kesehatan jantung.

Para ilmuwan itu melakukan penelitian tentang efek kopi pada jantung dengan menggunakan tikus sebagai objek. Dari penelitian itu, mereka sampai pada kesimpulan bahwa minum 4 cangkir kopi sehari tidak membahayakan jantung. Justru sangat baik untuk jantung. Namun, hal ini sangat tergantung pada kondisi tubuh seseorang.

Dilansir dari laman D’Marge, kafein dapat menyehatkan jantung karena kafein berperan dalam meningkatkan pergerakan protein pengatur ke mitokondria. Pergerakan protein pengatur ini akan meningkatkan fungsi mitokondria dan melindungi sel-sel kardiovaskular dari kerusakan.

Kopi menyehatkan jantung
(Foto: Istimewa)

Riset sebelumnya sudah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kapasitas fungsional sel endotel yang melapisi bagian dalam pembuluh darah. Tentu saja hal ini berefek pada mitokondria yang merupakan pusat energi sel-sel tubuh. Namun, manfaat ini akan tercapai jika kita mengonsumsi 4 cangkir kopi tanpa gula atau susu dan krim.

Baca :   Kamu Lemas Setelah Menonton Piala Dunia? Atasi dengan Makanan Ini

Hasil penelitian ini tentu merupakan sumbangan yang penting untuk dunia kesehatan. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui apakah memang kafein memiliki efek yang sama pada manusia atau tidak. Selama belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal ini, minum kopi dalam jumlah yang moderat adalah langkah yang bijaksana.