fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Minum Air Putih Delapan Gelas Sehari, Kamu Akan Terbebas dari Penyakit Ini

Ilustrasi (Foto: medicalnewstoday.com)
88views

Peran air sangat penting bagi tubuh. Bila tubuh kekurangan cairan, dampaknya bisa fatal. Kita bisa dehidrasi. Jika dibiarkan dan berkelanjutan, kita bisa terkena penyakit ginjal dan infeksi kandung kemih.

Gejala umum dehidrasi biasanya timbul rasa haus, mulut kering dan lengket, serta rasa kantuk yang datang di siang hari. Gejala lainnya, volume urine berkurang dan tubuh akan sering lelah. Tak hanya itu, dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah rendah, sehingga seringkali menyebabkan pusing.

Ilustrasi (Foto: medicalnewstoday.com)

Kurangnya asupan air pada tubuh tak selalu karena kita kurang minum, bisa juga karena keringat yang berlebih, cuaca panas, aktifitas fisik yang berat dan diare. Karena itu, untuk mengantisipasinya kita harus minum sekitar 2 liter atau 8 gelas perhari.

Ivan Tack, Ketua Departemen Medical Physiology di Toulouse School of Medicine, Paul Sabatier France University mengatakan bahwa kebiasaan minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal. Ivan menyarankan untuk minum air paling sedikit 2 liter atau 8 gelas bagi orang dewasa.

Baca :   Ibu-Ibu Harus Tahu: Stroke Juga Bisa Menyerang Janin, Lho!
Ilustrasi (Foto: footage.framepool.com)

Dengan jumlah itu, katanya, dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal, infeksi kandung kemih dan dapat membatasi perkembangan (progresi) dari penyakit ginjal akut.

Kesadaran masyarakat di Indonesia terhadap pentingnya minum air masih sangat dipengaruhi oleh letak geografis dan status sosioekonomi, juga tersedianya akses air minum yang aman.

Ilustrasi (Foto: cosmoins.com)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Danone Research, hidrasi sehat menunjang kualitas hidup dengan mendukung fungsi kognitif seperti konsentrasi dan fungsi visual, serta menurunkan risiko terhadap penyakit tidak menular seperti diabetes, batu ginjal dan lainnya.

Dengan membiasakan minum air yang sehat, terutama pada anak-anak, diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.