fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Jangan Makan Besar pada Malam Hari! Bahaya!

Bahaya makan pada malam hari
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
175views

Jangan makan besar pada malam hari. Jangan makan besar di atas jam 7 malam. Demikian nasihat yang sering diucapkan orang tua. Juga oleh para ahli kesehatan.

Hasil penelitian para ilmuwan memperkuat nasihat itu. Menurut Namni Goel, Research Associate Professor dari Perelman School of Medicine, Amerika Serikat, makan terakhir pada jam 7 malam membuat tubuh tetap sehat. Jika lebih dari jam 7 malam, proses pencernaan akan terhambat. Proses metabolisme pun tidak berjalan lancar.

Bahkan makan di atas 7 malam pun bisa meningkatkan kadar insulin, glukosa, kolesterol, dan trigliserida. Kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dibakar. Yang terjadi adalah kalori itu disimpan dalam bentuk lemak.

Setelah makan malam, orang disarankan untuk menunggu selama 2—3 jam makan untuk tidur. Rentang waktu itu diperlukan untuk proses pencernaan. Jika kurang dari waktu itu, masalah seperti sakit maag dan insomnia bisa terjadi.

Berikut ini ada 3 efek negatif yang bisa timbul dari kebiasaan makan besar pada malam hari:

GERD

Bahaya makan pada malam hari
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Salah satu efek negatif yang muncul adalah GERD (Gastro-esophageal reflux disease). Gangguan yang sering disebut penyakit asam lambung adalah sebuah kondisi dimana asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkongan. Aliran asam lambung ini menyebabkan rasa terbakar di dada atau gejala lainnya. Hal ini bisa membuat kerongkongan terluka. Jika berlangsung lama, bisa terjadi kanker kerongkongan.

Baca :   5 Langkah Praktis untuk Mencegah Kaki Kram Saat Berolahraga

Mengapa bisa terjadi GERD? Karena otot sfingter di belakang kerongkongan tidak menutup dengan benar. Akibatnya adalah isi perut bocor kembali ke bagian esofagus dan menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan. Hal ini diperburuk dengan aktivitas makan besar sebelum tidur. Makan besar itu dapat memicu produksi asam. Dan berbaring tidak lama setelah makan bisa menyebabkan asam lambung mengalir kembali melalui esofagus.

Insomnia

Bahaya makan pada malam hari
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Proses metabolisme meningkat setelah makan. Dengan demikian, tidaklah tepat untuk tidur setelah makan. Jika dilakukan, bisa terjadi insomnia. Dan insomnia ini bisa menyebabkan kelelahan, berkurangnya ingatan dan konsentrasi, dan meningkatnya rasa lapar.

Gemuk

Bahaya makan pada malam hari
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Memang masih terjadi perdebatan di antara para ilmuwan tentang apakah makan pada malam hari bisa menyebabkan berat badan bertambah atau tidak. Hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Eating Behaviour menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang kuat antara bertambahnya berat badan dan makan besar pada malam hari. Pada lain pihak, penelitian yang dilakukan di Northwestern University menunjukkan bahwa makan pada malam hari mempengaruhi berat badan.