fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Ingin Ginjalmu Sehat? Jangan Lakukan Hal Ini!

Cara menjaga kesehatan ginjal
Ilustrasi ginjal (Foto: iStock)
146views

Organ ini berbentuk mirip kacang. Ukurannya sebesar ukuran kepalan tangan. Terletak di sepanjang dinding otot bagian belakang (otot posterior) rongga perut. Panjangnya sekitar 12 cm dan lebarnya 6 cm.

Organ itu adalah ginjal. Perannya sangat penting: menyaring zat-zat buangan atau limbah di dalam tubuh, baik yang berasal dari makanan dan obat-obatan, maupun zat-zat beracun. Setiap hari, ginjal menyaring 200 liter darah. Dari jumlah itu, 2 liter di antaranya adalah zat buangan yang harus dikeluarkan lewat urin. Tugasnya yang lain adalah menyerap zat-zat yang dibutuhkan tubuh, yaitu asam amino, gula, natrium, kalium, dan nutrisi lainnya.

Apa yang terjadi jika organ ini rusak? Bahaya! Jika organ ini rusak, racun akan masuk ke dalam darah. Akibatnya adalah organ tubuh tak akan berfungsi normal.

Apa yang harus dilakukan agar sepasang ginjalmu tetap sehat dan berfungsi baik? Hindari kebiasaan buruk berikut ini:

Konsumsi garam yang berlebihan

Cara menjaga kesehatan ginjal
(Foto: Thinkstock)

Garam atau natrium dibutuhkan tubuh. Untuk apa? Untuk menyeimbangkan kadar cairan di dalam tubuh. Caranya adalah dengan cara memberikan isyarat kepada ginjal kapan harus menahan dan membuang air.

Bagaimana jika berlebihan? Proses di atas bisa terganggu. Ginjal bisa rusak, sehingga pengeluaran air ke dalam urin berkurang dan terjadi peningkatan volume darah karena resistensi air. Akibatnya adalah beberapa bagian tubuh akan mengalami edema atau penumpukan cairan di jaringan seperti pada tangan, lengan, dan kaki.

Kurang minum air

Cara menjaga kesehatan ginjal
(Foto: Thinkstock)

Ginjal membutuhkan cairan yang cukup agar bisa bekerja lebih maksimal. Orang disarankan untuk minum sekitar 1,5—2 liter air per hari. Kurang minum dapat menurunkan performa ginjal. Bahkan merusakkannya. Salah satunya adalah batu ginjal. Yang lebih serius adalah gagal ginjal.

Baca :   Untuk Pemula, Begini Tips Mudah Tampil dengan Riasan Baby Face

Konsumsi alkohol

Cara menjaga kesehatan ginjal
(Foto: Okezone)

Minum 1 atau 2 gelas minuman yang mengandung alkohol adalah baik untuk kesehatan. Namun, jika berlebihan, alkohol bisa merusakkan ginjal. Alkohol akan menyebabkan perubahan fungsi ginjal dan menurunkan performanya dalam menyaring racun.

Menahan kencing

Cara menjaga kesehatan ginjal
(Foto: Shutterstock)

Hampir semua orang melakukan hal ini: menahan kencing. Kebiasaan ini terdengar sepele. Namun, efeknya sangat serius untuk kesehatan ginjal. Jika kebiasaan ini berlangsung terus-menerus, timbul rasa sakit pada ginjal atau kandung kemih. Rasa sakit itu akan muncul saat buang air kecil.

Selain itu, menahan kencing bisa menimbulkan infeksi saluran kencing. Mengapa? Karena menahan kencing memberikan kesempatan bakteri untuk berkembang biak. Bahkan bisa terbentuk batu ginjal jika terlalu sering menahan kencing. Hal ini terjadi jika urin mengandung banyak mineral.

Konsumsi gula berlebihan

Cara menjaga kesehatan ginjal
(Foto: Istimewa)

Gula tidak hanya menyebabkan diabetes, tetapi juga tekanan darah tinggi, yang merupakan salah satu pemicu penyakit ginjal. Dan gula terdapat dalam berbagai macam makanan dan minuman, termasuk soda. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi soda berkaitan dengan risiko penyakit ginjal.  Soda mengandung fruktosa, jenis gula yang lebih manis daripada glukosa.

Kurang aktivitas fisik

Cara menjaga kesehatan ginjal
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kesehatan ginjal sangat tergantung pada aktivitas fisik seperti berjalan atau berolaharga. Harus diingat bahwa aktivitas fisik berhubungan erat dengan peningkatan aliran darah dan metabolisme glukosa. Keduanya merupakan faktor penting kesehatan ginjal.