Olahraga

Kasak-kusuk MotoGP: Demi Marquez, Yamaha Siap Depak Rossi?

Yamaha depak Rossi demi Marquez
Marc Marquez dan Valentino Rossi (Foto: Dario Gol)
58views

Hingga 2020 mendatang, Valentino Rossi masih menjadi pembalap andalan Movistar Yamaha. Namun, kontrak pembalap berjulukan The Doctor itu, dari kabar yang beredar, tidak akan diperpanjang. Yamaha diisukan menyiapkan sebuah rencana besar, yaitu mendatangkan Marc Marquez.

Usia Rossi yang semakin bertambah disinyalir menjadi salah satu alasannya. Dengan usia 41 tahun pada 20120 mendatang, Rossi disebut-sebut tidak lagi kompetitif bagi Yamaha. Dengan demikian, mencari pembalap lain yang kompetitif adalah jalan keluar terbaik bagi Yamaha agar tetap bersaing dengan Honda, Ducati, dan lainnya.

Yamaha depak Rossi demi Marquez
Valentino Rossi (Foto: Getty Images)

Dilansir Diario Gol, sebuah media olahraga dari Spanyol, Yamaha menyiapkan rencana untuk memboyong Marquez dari Honda. Keberhasilan Repsol Honda dalam merekrut pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, adalah pemantik utamanya. Banyak yang sangsi bahwa Lorenzo dan Marquez bisa bekerja sama sebagai sebuah tim.

Jika duet mereka tidak berjalan baik, tim Marquez disebut-sebut mencari rencana alternatif, yaitu dengan bergabung dengan tim lain. Dalam hal ini, Yamaha dianggap menjadi pilihan yang tepat untuk pembalap berjulukan The Baby Alien itu. Ducati tidak menjadi pilihan karena Marquez diyakini tidak mau mengalami kesulitan beradaptasi seperti yang pernah dialami Lorenzo dan Rossi.

Yamaha depak Rossi demi Marquez
Marc Marquez (Foto: Image Photo Agency)

Selama MotoGP 2018 putaran pertama ini berlangsung, Marquez memang sulit disaingi para pembalap lainnya. Jarak poinnya dengan pesaing terdekatnya, Rossi, cukup jauh, yaitu 46 poin. Rossi sendiri sudah memperlihatkan gelagat “menyerah” dalam perburuan gelar juara musim ini.

“Balapan berikutnya bakal dimulai dengan Marquez yang memiliki perbedaan 46 poin. Intinya, ia semakin kuat, sehingga amat sulit untuk lebih realistis,” kata Rossi.

Putaran kedua MotoGP 2018 bakal dimulai pada awal Agustus mendatang. Laga perdana akan digelar di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pada 5 Agustus.