Gaya Hidup

Kamu Harus Tahu: Makan Es Krim Bikin Otak Beku!

Makan es krim bikin otak beku
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
40views

Hampir tidak ada yang tidak suka makanan semipadat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya ingin menikmati makanan yang punya tekstur yang lembut dan rasa yang manis ini. Apalagi jika dinikmati dalam cuaca yang panas. Terasa lebih segar.

Ada banyak hal yang membuat makana ini disukai. Salah satunya adalah karena sensasinya yang khas. Es krim memang enak dan menyegarkan. Namun, rasa dinginnya membuat lidah dan rongga mulut menjadi beku. Rasa dingin ini bisa menjalar ke seluruh tubuh. Bahkan hingga ke otak dan membuat otak beku.

Bagaimana mungkin otak beku karena es krim? Apa artinya “otak membeku”? Apakah itu adalah gangguan serius?

Makan es krim bikin otak beku
(Foto: food.idntimes)

Dilansir dari Women’s Health, sensasi otak membeku setelah orang makan es krim ini disebut Sphenopalatine ganglioneuralgia. Tidak hanya karena es krim, tetapi juga karena makanan dan minuman dingin lainnya. Sensasi itu terjadi ketika orang mengonsumsi makanan atau minuman sangat dingin dalam waktu yang cepat.

Penjelasannya seperti berikut: ketika makanan atau minuman sangat dingin itu, atau bahkan beku, masuk ke dalam mulut, dengan sangat cepat langit-langit mulut dan bagian belakang tenggorokan akan dingin. Bagian rongga mulut ini akan mengalami penurunan suhu drastis karena kontak langsung dengan makanan atau minuman dingin itu. Hal ini menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga menjalar ke otak dan menimbulkan sensasi otak beku.

Makan es krim bikin otak beku
(Foto: Istimewa)

Menurut Clifford Segil, M.D, ahli saraf dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, sensasi otak beku ini sebenarnya adalah rasa sakit kepala. Ketika suhu makanan dingin menjalar ke otak, pembuluh darah arteri serebral anterior menyempit. Pembuluh darah arteri serebral anterior adalah pembuluh darah yang menghantarkan darah oksigen ke otak. Karena pembuluh darah ini menyempit, timbullah rasa sakit kepala.

Sensasi otak beku atau rasa sakit kepala itu bisa segera dikurangi atau diatasi. Caranya adalah dengan segera minum air putih bersuhu normal. Namun, tidak sedikit yang ingin tidak segera minum air putih bersuhu normal karena ingin menikmati sensasi itu selama mungkin.