Kecantikan & Kesehatan

Kamu Harus Tahu: Berolahraga 10 Menit Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Olahraga bisa meningkatkan fungsi otak
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
45views
Waktu baca : 2 menit

Jangan malas untuk berolahraga. Olahraga akan membuat semua bagian tubuh bekerja lebih efektif. Olahraga juga akan membuat proses regenerasi sel dan metabolisme tubuh akan berjalan lebih lancar.

Tidak hanya itu. Olahraga juga punya dampak yang besar pada otak. Bahkan sebuah olahraga yang dilakukan dalam waktu singkat dapat meningkatkan komunikasi di antara berbagai bagian otak. Efeknya adalah daya ingat pun semakin tajam.

Olahraga bisa meningkatkan fungsi otak
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Itulah hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas California Irvine (UCI) dan University Tsukuba, Jepang. Para peneliti menarik kesimpulan demikian setelah mempelajari aktivitas otak 36 orang dewasa muda yang baru saja melakukan 10 menit olahraga ringan seperti berjalan lambat, yoga atau taichi. Setelah berolahraga ringan, kelompok orang dewasa muda itu diminta melakukan tes ingatan.

Hasilnya? Latihan olahraga itu ternyata signifikan meningkatkan komunikasi saraf antara bagian otak yang menyimpan ingatan dan daerah korteks otak yang membantu mengingat memori dengan jelas.  Michael Yassa, ketua tim peneliti, berharap agar hasil penelitian ini mendorong agar orang untuk semakin rajin berolahraga.

Olahraga bisa meningkatkan fungsi otak
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Apakah itu berarti bahwa kita tidak perlu berolahraga dalam waktu yang lama? Tidak boleh lebih dari 10 menit?

Tentu saja tidak demikian. Penelitian itu sebenarnya hanya menegaskan bahwa apa pun aktivitas fisik yang dilakukan dan berapa lamanya waktu untuk melakukan aktivitas fisik itu dapat bermanfaat untuk tubuh dan otak. Dengan demikian, tidak boleh ada alasan lagi untuk tidak berolahraga.