fbpx
Berita

Jokowi Menjadi Sopir Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menjadi sopir Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo menyambut Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor (Foto: Yudhistira Amran Saleh/Kumparan)
187views
Waktu baca : 2 menit

Anak muda yang namanya menjadi buah bibir masyarakat Indonesia dan dunia dalam beberapa hari terakhir itu akhirnya datang juga. Ia tiba di Jakarta pada Selasa (17/7) malam. Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga, menyambutnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Anak muda itu adalah Lalu Muhammad Zohri. Putra Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu adalah juara dunia lomba lari 100 m bertajuk IAAF World Championship U-20 yang digelar di Finlandia. Ia mengalahkan dua jagoan dari Amerika Serikat, Eric Harrison dan Anthony Schwartz.

Presiden Joko Widodo menjadi sopir Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor
Jokowi menyambut Lalu (Foto: Yudhistira Amran Saleh/Kumparan)

Apa yang diraihnya jelas membanggakan Indonesia. Membuat nama Indonesia harum di pentas internasional. Berkat Lalu, Indonesia diperhitungkan dunia. Pasalnya, dilansir dari situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF), dalam 32 tahun sejarah kejuaraan ini, penampilan terbaik atlet Indonesia adalah finis pada posisi ke-8 pada 1986.

Keesokan harinya setelah tiba di Jakarta, Lalu diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat. Ia tiba sekitar pukul 14.00 WIB. Ia datang dengan pakaian training khas atlet Indonesia. Sementara Presiden Jokowi tampil gagah dengan kemeja putih lengan panjang dibalut jaket Asian Games 2018.

“Tentunya kita bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh Lalu Muhammad Zohri di ajang kejuaran dunia U-20 lari 100 m. Kita bangga semuanya,” kata Jokowi seperti dikutip dari kumparan.com.

Presiden Joko Widodo menjadi sopir Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor
Jokowi menjadi sopir untuk Lalu (Foto: Twitter/@jokowi)

Orang nomor satu di negeri ini berharap agar Lalu tidak cepat puas pada apa yang sudah ia raih. Ia harus berlatih lebih gigih lagi untuk mengharumkan nama Indonesia dalam berbagai ajang level dunia, termasuk Asian Games 2018 mendatang.

“Tapi terus ditingkatkan dengan kegigihan latihan. Jadwal latihan lebih padat lagi, sehingga kita harapkan menjadi modal untuk Asian Games maupun event besar lain,” pesannya.

Setelah itu, Jokowi mengajak anak muda berusia 18 tahun itu mengelilingi Istana Bogor bagian belakang dengan mobil golf. Jokowi duduk di balik kemudi. Sementara Lalu duduk di sampingnya.

Presiden Joko Widodo menjadi sopir Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor
Jokowi mengajak Lalu berjalan-jalan di taman (Foto: Yudhistira Amran Saleh/Kumparan)

Di belakang istana, keduanya turun dan berjalan kaki. Mereka berbincang santai sambil melihat kuda di halaman istana. Mereka berjalan mendekati taman teratai yang berbatasan dengan Kebun Raya Bogor.

Sekitar 15 menit kemudian, mereka kembali ke halaman depan istana. Sama seperti sebelumnya, mereka naik mobil golf. Sore itu, Presiden Jokowi menjadi sopir untuk remaja yatim piatu yang telah mengangkat tinggi-tinggi nama Indonesia di mata dunia.