fbpx
Jalan-Jalan

Taman Nasional Baluran, Eksotisnya Alam Afrika di Tanah Jawa

Foto: blog.airyrooms.com
47views

Taman yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki keindahan alam yang sama seperti di Afrika. Hamparan padang savana nan luas, dengan kontur tanah gersang, membuat atmosfer taman ini mirip Benua Hitam. Oleh karena itu, taman yang terkenal dengan pemandangan eksotisnya ini kerap dijuluki Africa van Java.

Taman Nasional ini didirikan tahun 1980, merupakan Taman Nasional pertama di Indonesia. Total area Taman Nasional Baluran mencapai 25.000 hektare, dan 40 persen di antaranya merupakan ekosistem sabana alami, yaitu Padang Savana Bekol.

Instagram @tamannasional_baluran

“Bukan sawah, tapi hamparan Savana Bekol. Akan ada rasa yang berbeda ketika berkunjung ke Taman Nasional Baluran di saat musim kemarau dan musim penghujan. Saat musim penghujan seperti sekarang ini, wajah baluran tampak begitu segar dengan balutan hijaunya rumput semak dan pepohonan,” tulis @tamannasional_baluran.

Pemandangan Taman Nasional Baluran terlihat menawan dengan latar belakang Gunung Baluran yang menjulang 1.247 di atas permukaan laut. Padang Savana Bekol menjadi habitat bagi sekawanan binatang endemik Indonesia.

Foto: balurannationalpark.web.id

Menurut catatan, Taman Nasional Baluran memiliki kekayaan fauna yang dikelompokkan ke dalam beberapa ordo, yaitu mamalia 28 jenis, aves 189 jenis, selain juga terdapat pisces, dan beberapa binatang yang masuk dalam ordo reptilia.

Dari beberapa jenis binatang yang diketahui, 47 di antaranya merupakan binatang langka yang dilindungi undang-undang. Taman Nasional Baluran juga memiliki 444 spesies flora dengan 87 familia, 24 jenis diantaranya merupakan tumbuhan eksotis, 265 tumbuhan penghasil obat, dan 37 jenis lainnya merupakan tumbuhan yang hidup pada ekosistem mangrove.

Foto: Instagram @budiheran

Jenis-jenis flora tersebut antara lain seperti ketapang (Terminalia catappa), Gebang (Corypha utan), dan Mimbo (Azadiracta indica). Selain memiliki kekayaan flora dan fauna yang berlimpah, Taman Nasional Baluran dianggap sebagai miniatur hutan Indonesia. Pasalnya, di taman nasional ini terdapat berbagai jenis hutan yang ada di Indonesia, seperti hutan pantai, hutan mangrove, hutan payau, padang sabana, hingga gugusan terumbu karang.

Baca :   Gumuk Pasir Parangkusumo: Sandboarding-nya Asyik, Spot Fotonya Unik dan Instagenic

Dengan kekayaan tersebut, banyak aktivitas wisata alam yang dapat dilakukan di Taman Nasional Baluran. Pengunjung bisa melakukan hiking, dengan medan menantang bernama Gunung Baluran yang eksotis. Gunung ini menjadi sangat indah karena dilengkapi dengan kaldera sepanjang 600 meter, selain terdapat sumber mata air yang selalu mengalir sepanjang tahun.

Foto: Instagram @tamannasional_baluran

Tracking, menjadi aktivitas wisata lainnya yang bisa dilakukan. Menjelajahi bermacam tipe vegetasi yang ada, sambil mengamati ekosistem di dalamnya menjadi aktivitas luar rumah yang sungguh menyenangkan. Kamu bisa menikmati eksotiknya alam Afrika dengan hamparan savana terluas di pulau Jawa.

Taman nasional ini memiliki cuaca kering dengan hutan dataran rendah, savana, hutan mangrove, dan perbukitan. Mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah pengalaman tak ternilai, mahal harganya. Tapi untuk menikmati kenindahannya, tak harus membayar mahal.

Foto: Instagram @darkclover8

Taman Nasional Baluran berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan ini memang perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Jadi, apabila ingin pegi ke tempat ini hanya perlu mengikuti jalur Banyuwangi – Situbondo. Kawasan ini berada di sepanjang jalan.

Harga tiket masuknya cukup murah di hari weekday, traveler hanya membayar Rp15.000. Kalau wisatawan mancanegara harus membayar Rp150.000. Jika hari libur, harga naik menjadi Rp17.500, untuk wisatawan asing Rp225.000.