fbpx
Jalan-Jalan

Serunya Berwisata Sambil Mengenal Budaya Sunda di Desa Wisata Cibuluh

Foto: Istimewa
109views

Kabupaten Subang, Jawa Barat, memiliki beragam potensi wisata. Mulai dari pesisir laut utara, dataran tengah, hingga dataran tinggi. Tak hanya itu, Subang juga memiliki destinasi wisata budaya yang menarik, salah satunya Desa Wisata Cibuluh di Kecamatan Tanjung Siang. Lokasi Desa Wisata Cibuluh berjarak sekitar 37 Km dari pusat Kota Subang.

Desa Wisata Cibuluh, pada awal 2017 mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Wisatawan yang bekunjung ke desa ini dapat menikmati keindahan alam dan sajian budaya masyarakat setempat.

Foto: Instagram @budianayusuf

Dengan pesona alam pedesaan, pesawahan, kolam ikan, sungai-sungai yang mengalir, air tejun, rimbunnya pepohonan, segarnya udara, serta keramahan masyarakatnya. Desa Cibuluh menjadi desa wisata yang diunggulkan untuk menarik wisatawan.

Desa wisata ini dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan nama unit usaha pariwisata. Mereka menawarkan paket wisata desa untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan budaya masyarakat desa, khususnya budaya Sunda.

Foto: Instagram @buruan.co

Wisatawan akan diperkenalkan dengan budaya sawah, budaya sungai, budaya bercocok tanam, budaya kesenian, dan permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa. Jika sedang musim menanam padi, wisatawan bisa turun ke sawah untuk mencakul sawah dan menanam padi.

Di desa ini, wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan makanan tradisional yang dibuat oleh warga sekitar, dan mencoba membuatnya sendiri. Ada juga spot wisata alamnya, lho. Seperti Curug Ciseupan dan Monumen Perjuangan. Dikutip dari inovasidesa.kemendesa.go.id, berikut beberapa fasilitas wisata yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Desa Cibuluh:

Saung Mulan

Foto: Instagram @budianayusuf

Dibangun pada 2016, Saung Mulan mulai ngehits awal 2017. Seperti namanya, mulan artinya bulan. Jadi saung mulan merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan bulan, khususnya pada malam bulan purnama. Saung Mulan memiliki program rutin setiap bulan, yakni pada malam bulan purnama. Selain menikmati keindahan bulan purnama, pengelola biasanya menggelar aneka kegiatan budaya.

Tepas Seuweu

Foto: kotasubang.com

Tepas Seuweu salah satu titik destinasi wisata yang disiapkan oleh masyarakat Desa Cibuluh. Tempat ini berada di pinggiran pematang sawah. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu bisa melihat langsung aktivitas warga di pematang sawah. Di tempat ini, kamu bisa melihat potensi hasil kerajinan warga desa. Selain menjadi tempat pusat kerajinan, Teupas Seuweu adalah tempat berkumpulnya warga untuk melakukan aktivitas latihan kesenian.

Baca :   Eksotisme Pantai Goa Cina, Menyimpan Keindahan dan Misteri yang Tersembunyi

Saung Budaya Bolang

Foto: Instagram @yusuf.adji.3

Tempat ini menjadi destinasi yang sering dikunjungi wisatawan, baik domestik dan mancanegara. Pasalnya, Saung Budaya Bolang merupakan pusat komunitas permainan tradisional, yang lebih dikenal dengan sebutan Komunitas Hong.

Tempat yang berada di pinggir sawah dan sungai ini didirikan oleh seorang pakar permainan tradisional Indonesia, yakni Zaini Alif. Setiap pengunjung yang datang ke Saung Budaya Bolang akan diajak mempraktikkan berbagai macam jenis permainan tradisional.  Baik yang bisa dilakukan di darat maupun di air atau di sungai.

Foto: Istimewa

Ratusan siswa sekolah ataupun tenaga pendidik dan mahasiswa, pernah singgah ke sini untuk mengenal berbagai jenis permainan.Kampung Budaya Bolang sudah mengoleksi 2.600 permainan tradisional seluruh Indonesia dan 340 permainan seluruh Jawa Barat.

Untuk bisa memainkan permainan tradisional, minimal harus diikuti oleh 50 orang, dengan biaya Rp50.000 per orang. Biasanya ada 10 permainan yang akan dipraktikkan, dua diantaranya permainan di air.

Festival Sungai

Foto: Isntagram @yusuf.adji.3

Potensi wisata lainnya di Desa Cibuluh adalah sungai. Terdapat tujuh sungai yang mengalir melalui Desa Cibuluh, satu diantaranya yakni sungai Cipunegara. Kekayaan sungai ini menjadi salah satu destinasi yang mengundang wisatawan. Pengelola wisata memanfaatkan sungai ini untuk kegiatan rafting dan kegiatan lainnya.

Salah satu program yang ditawarkan kepada wisatawan yaitu Festival Sungai. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahunnya. Festival 7 sungai diselenggarakan sebagai cermin sejarah Desa Cibuluh dengan budaya agraris atau bersawah yang kental di desa.