fbpx
Jalan-Jalan

Matantimali, Pesona Keindahan Negeri di Atas Awan

Foto: Instagram @mutmainahkorona
44views

Matantimali adalah nama desa yang terletak di Kecamatan Morowala Barat, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Desa ini berada di atas pegunungan Verbek,tepatnya di sisi kiri puncak Gunung Gawalise.

Ketinggiannya mencapai sekitar 1.500 mdpl. Berada di atas Matantimali akan membuat kamu betah berlama-lama, karena pemandangan di sini sungguh luar biasa. Kamu bisa melihat keindahan dari segala sisinya.

Foto: Instagram @andika_arbie

Cobalah melihat ke sebelah utara, kamu akan disuguhi pemukiman yang padat berbalut bentangan Teluk Palu yang cantik. Sebagian wilayah pantai barat Kabupaten Donggala terlihat jelas dari sisi ini.

Di bagian timur juga tak kalah indah. Kamu bisa menyaksikan keseluruhan Kabupaten Sigi secara utuh, lengkap dengan sungai raksasa (Sungai Palu) yang panjang dan berkelok-kelok. Tak salah jika masyarakat di sana menyebut Matantimali sebagai Negeri di Atas Awan.

Foto: Instagram @alvinanwar_

Di sekitar Desa Matantimali terdapat destinasi wisata yang unik berupa rumah pohon yang dibangun di atas ketinggian lereng Gunung Gawalise. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan olahraga paralayang, lho.

Kondisi geografis di sini sangat mendukung untuk melakukan aktivitas ini. Bahkan, Matantimali dikenal sebagai lokasi Paralayang terbaik se Asia Tenggara.

Foto: extremeina.com

Matantimali juga menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di pagi hari. Saat senja datang, kawasan puncak gunung ini akan terlihat berwarna kuning keemasan dengan balutan kabut tipis menutupi area sekitar.

Baca :   Serunya Berwisata Sambil Mengenal Budaya Sunda di Desa Wisata Cibuluh

Letak Desa Matantimali cukup dekat dengan Kota Palu, karena itu, destinasi wisata ini menjadi lokasi favorit bagi masyarakat Kota Palu dan sekitarnya menghabiskan akhir pekan. Tidak sedikit pula yang sampai menginap. Biasannya, pengunjung mendirikan tenda di sekitar spot paralayang.

Foto: Instagram @harveypanjaitan

Saat malam hari, kamu akan melihat kilauan mutiara yang tersembunyi dari pancaran cahaya lampu-lampu di Kota Palu dan sekitarnya.

“Paralayang Matantimali merupakan salah satu destinasi wisata andalan Sulawesi Tengah. Termasuk salah satu spot paralayang terbaik di Asia, juga kerap dijadikan lokasi kemah favorit masyarakat Sulawesi Tengah. Selain karena aksesnya mudah, pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah. Jika berkunjung ke Palu, tempat ini wajib Anda kunjungi. Datanglah di atas jam 3 sore,” tulis Instagram @harvey.panjaitan.