fbpx
Jalan-Jalan

Eksotisme Situ Cibeureum, Danau Alami Tempat Favorit Kumpulnya Komunitas

Foto: Instagram @fadliskrif
167views

Sepintas, danau yang terletak di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat ini terlihat tenang. Suasananya juga rindang, terbalut panorama alam yang eksotis di kala senja datang.

Situ Cibeureum memang memiliki sisi keindahan alam yang apik dengan memperlihatkan pemandangan yang unik. Di bagian tengah danau terdapat gundukan tanah kecil yang ditumbuhi rumput. Bagian tersebut juga ditumbuhi sebatang pohon sehingga tampak seperti pulau yang dikelilingi hamparan air tawar.

Foto: Istimewa

Walaupun tak sebesar Danau Toba di Sumatera Utara atau fenomenal seperti Situ Patenggang di Bandung, Situ Cibereum sangat cocok untuk bersantai dan menikmati lembayung senja seusai aktivitas yang melelahkan. Sembari menikmati teduhnya Situ Cibereum di saung-saung tepi danau, paling seru bercengkerama bersama teman ditemani makanan dan minuman yang banyak dijajakan di sana.

“Hal yang ditunggu ketika memotret ialah saat sunrise dan sunset.
Begitu indah ketika kita dapat memilih angle dan spot yang bagus saat kedua momen tersebut datang. Dan, begitulah saat mencari spot di kota Bekasi. Ada salah satu danau, yaitu Situ Cibeureum. Setelah dari danau ini, memang enak untuk menikmati kesejukan Grand Wisata dengan padang ilalangnya yang di selimuti danau di sekelilingnya. Yuk, ke Bekasi. Bekasi nggak cuma panas, lho, tapi sejuk kalau sudah nyobain ke dua tempat ini,” tulis @fadliskrif.

Instagram@fadliskrif

Danau yang terbentuk secara alami ini berada di atas tanah yang memiliki kontur cekung. Bentuk ini dikarenakan survis retation, yakni keadaan di mana air ditahan di permukaan karena terdapat lekukan yang terjadi akibat kikisan air hujan. Letak danau ini ada di dua Desa, Desa Lambang Sari dan Desa Lambang Jaya. Keduanya berada di wilayah Kecamatan Tambun Selatan.

Baca :   Yuk, Main ke Sukabumi! Destinasi Wisatanya Tak Kalah dari Luar Negeri

Awalnya, luas danau ini mencapai 38 hektare. Dan menjadi salah satu penopang kehidupan masyarakat sekitar. Banyak warga menggantungkan hidup dengan mencari ikan atau kangkung di sekitar kawasan danau. Situ Cibeureum juga sumber irigasi pertanian warga.

Foto: Istimewa

Memasuki tahun 1990, luas area Situ Cibeureum menyusut menjadi sekitar 2 hektar. Meski luasnya semakin menyempit, Situ Cibereureum tetap menjadi destinasi favorit. Biasanya, tempat wisata ini akan ramai ketika akhir pekan atau hari libur tiba.

Banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di sini. Kamu bisa jalan-jalan di sekitar danau atau melakukan aktivitas memancing. Tempat ini memang menjadi lokasi pemancingan favorit. Berbagai jenis ikan air tawar ada di sini, seperti ikan keting, ikan tawes, ikan gabus, hingga ikan mujair.

Foto: Istimewa

Situ ini juga menjadi tempat favorit bagi para pegowes. Tanah merah di sekitar danau menjadi lintasan menarik bagi pengayuh sepeda. Begitu juga bagi pehobi aerodinamika, mereka sering menerbangkan pesawatnya di tanah lapang di pinggir danau.

Tempat wisata alam ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata seperti saung bambu sebagai tempat peristirahatan para pengunjung, warung makan dan kios souvenir, tempat parkir kendaraan, serta toilet umum.