fbpx
Jalan-Jalan

Eksotisme Pantai Goa Cina, Menyimpan Keindahan dan Misteri yang Tersembunyi

Foto: Istimewa
57views

Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyimpan banyak sekali pesona wisata. Khususnya pantai-pantainya yang jarang terekspos. Wisata pantai di Kota Bunga ini tersebar di wilayah Malang bagian selatan. Objek wisata di daerah ini tak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali, bahkan di luar negeri.

Salah satu pantai yang menyuguhkan keindahan panormanya adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini dekat dengan Pantai Sendang Biru. Lokasi kedua destinasi wisata pantai ini cukup berdekatan. Selain dekat dengan Pantai Sendang Biru, pantai ini juga tidak jauh dari Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Bajul Mati, dan Pantai Kondang Merak.

Foto: hariesdesign.com

Pantai Goa Cina sangat eksotis. Keindahan pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini tak perlu diragukan lagi. Hamparan pasir putihnya begitu bersih. Warna lautnya juga jernih. Semilir angin di pantai ini terasa sejuk, membuat siapa saja akan betah berlama-lama. Adanya batu karang yang ditumbuhi lumut hijau di sekitar pantai juga menambah keasrian Pantai Goa Cina.

Objek wisata pantai ini masih terlihat alami. Pohon-pohon seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Selain membuat suasana asri, pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung. Keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai membuat Pantai Goa Cina terlihat eksotis. Tiga pulau itu adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

Foto: JejakPiknik.com

Pantai Goa Cina memiliki kisah dan sejarah yang unik. Konon, menurut cerita masyarakat setempat, ada sebuah gua di bukit pinggir pantai yang digunakan seorang pertapa Cina untuk bersemedi. Hingga akhirnya pertapa itu meninggal di gua tersebut.

Hal itu diketahui saat seorang masuk, hanya ada tulang belulang sang biksu dan tulisan Mandarin di langit-langit gua. Dari peristiwa itu, pantai ini kemudian diberinama Pantai Goa Cina.

Foto: Istimewa

Gua ini berada di bukit karang, sekitar 50 meter dari sisi kanan pantai. Gua tersebut berupa rongga yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian kira-kira 2 meter. Siapa pun bisa masuk dengan mudah. Ruangan di dalamnya juga cukup lebar, bisa untuk  berjalan beriringan dua orang. Lebarnya sekitar 2 meter.

Tidak terlihat batu-batu stalaktit maupun stalakmit di dalam gua ini. Kamu juga bisa menaiki tebing tinggi yang ada di atas gua. Dari atas tebing, kamu bisa menikmati indahnya pantai dan menatap luas lautan biru dari ketinggian.

Foto: Instagram @indoflashlight

“Selain popular dengan keberadaan guanya, pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni terjadinya gelombang bersimpangan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus gelombang yang bertabrakan demikian kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh,” tulis @indoflaslight.

Baca :   Eksotisme Pulau Alor; Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

Di pantai ini, pengunjung tidak disarankan berenang. Karena Pantai Goa Cina memiliki beberapa tempat dengan kedalaman yang curam dan arus laut yang cukup besar.

Foto: Instagram @retno.lestari98

Karena besarnya ombak, tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di pantai ini. Kawasan Pantai Goa Cina ini hanya menjadi jalur lalu lintas para nelayan dari segala penjuru menuju Pantai Sendang Biru.

Selain kebersihan pantai yang masih terjaga, Pantai Goa Cina juga menyediakan area camping untuk wisatawan berkemah. Karena keindahannya, tak sedikit yang memanfaatkan lokasi wisata ini untuk foto pre-wedding. Adapun fasilitas yang tersedia di kawasan pantai ini adalah warung makan, musholla, masjid, kamar mandi dan tempat parkir.

Foto: Instagram @nixen_photography

Tiket masuk ke Pantai Goa Cina Rp10.000 per orang. Parkir kendaraan roda dua Rp5.000, kendaraan roda empat Rp10.000. Untuk bisa masuk ke gua, kamu harus membayar Rp5.000 per orang dan Rp5.000 untuk naik tebing.

Berbagai fasilitas terdapat di pantai ini misalnya warung makan, musholla, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir. Warung makan tradisional di tempat ini menyediakan aneka makanan. Namun yang paling khas dan banyak dicari oleh pengunjung adalah es degan atau kelapa muda.

Foto: Istimewa

Pantai Goa Cina berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan. Untuk sampai ke Pantai Goa Cina butuh sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Malang. Dari Malang, arahkan kendaraan kamu menuju Gadang, Turen, dan Sendang Biru. Banyak papan petunjuk ke arah tersebut.

Sekitar 1,5 km  sebelum pantai Sendang Biru ada pertigaan, Anda bisa belok kanan ke arah Pantai Bajul Mati. Dari pertigaan tersebut kurang lebih 5 km sebelah kiri jalan ada papan penunjuk Pantai Goa Cina. Belok kiri kira-kira 800 meter, kamu akan tiba di loket masuk Pantai Goa Cina.